-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ciri Ciri Burung Merpati Yang Bagus

Ciri Ciri Burung Merpati

Merpati menjadi burung yang pintar, dan ini sudah dibuktikan dengan kemampuannya ketika mengenali kandang serta daerah yang ada sekitarnya. Di negara Indonesia sangat lazim untuk memelihara burung jenis ini, namun banyak pula yang mengkonsumsi daging burung merpati. 

Nah, di bawah ini adalah beberapa ciri ciri burung merpati yang perlu diketahui agar tidak salah pilih:

Morfologi dan Ciri Ciri Burung Merpati asli jantan dan betina

1. Bagian paruhnya

Ciri ciri burung merpati yang pertama dapat dilihat dari paruh yang yang memiliki ukuran kecil, tapi memiliki ujung yang lancip. Ukuran dari paruh burung tersebut sangat berguna menjadi alat dalam menilai apakah ah burung tersebut berkualitas atau tidak. Akan tetapi, semua burung merpati jenis apapun. Tentunya akan memiliki paruh yang kecil.

Artikel terkait: Ciri ciri Burung Kakak Tua

2. Warna matanya

Burung merpati umumnya tidak akan mempunyai warna tunggal pada bagian mata. Hampir seperti manusia, ciri ciri burung merpati dapat dilihat dari warna matanya yang berbeda di antara pupil dan juga kornea.

Perpaduan warna tersebut biasanya dari warna kuning ataupun kuning tua, namun ada beberapa burung yang juga memiliki perpaduan mata warna hijau tua dan juga merah tua. Biasanya untuk bisa mengetahui warna dari mata burung ini, Anda harus melihat secara detail ataupun ketika berada di tempat teduh agar bisa melihat warna dengan jelas.

Artikel terkait: Ciri Ciri Burung Elang

3. Bentuk kepalanya

Bisa dikatakan jika burung ini termasuk ke dalam jenis yang mempunyai bentuk kepala unik. Apabila kepala burung ini dilihat dari kemiringan maka bentuknya menyerupai kepala batok. Banyak para pecinta burung yang menjadikan bentuk kepala batok ini sebagai ukuran mengenai kualitas burung merpati.

4. Bagian lehernya

Ciri ciri burung merpati yang selanjutnya terletak pada lehernya. Sebab dari burung ini lebih panjang dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Sama dengan hewan lainnya, leher ini memiliki fungsi untuk menghubungkan di antara kepala dan juga badan.

Paruh dari burung merpati juga sangat penting untuk menunjang aktivitas hidup. Karena dengan an bentuk leher yang kuat serta relatif panjang akan memudahkan burung ini dapat melihat kemanapun ketika terbang. Selain itu, leher ini juga bisa digunakan untuk memutuskan manuver singkat untuk berbelok ataupun ingin turun ke daratan saat terbang.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Cemani

5. Sayap yang relatif besar

Ciri ciri burung merpati yang berikutnya adalah mempunyai sayap dengan ukuran yang terbilang besar. Dengan ukuran tersebut menjadikan burung ini mampu terbang dengan optimal. Sayap yang besar inilah yang tidak dimiliki oleh jenis burung lainnya. Karena faktor inilah merpati banyak digunakan untuk lomba kolong.

6. Postur tubuhnya

Postur tubuh yang dimiliki oleh burung merpati ini memang cukup ideal karena tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Bentuknya pun tidak terlalu montok dan juga tidak terlalu kecil. Dengan bentuk tubuh yang seperti ini, akan menjadikan burung merpati bisa dengan bebas saat terbang.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kalkun

7. Sayapnya berburu

Bukan hanya mempunyai sayap yang besar, namun begitu burung merpati juga memiliki bulu pada bagian sayapnya. Selain itu bulunya juga relatif tebal dan juga banyak.

Kegunaan dari bulu pada sayapnya akan membuat burung merpati nyaman saat. Ciri ini dapat diketahui ketika Anda melihat langsung burung merpati.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Pelung

8. Bagian hidung

Pada bagian hidung terletak di antara paruh dan juga matanya. Meskipun hal tersebut bisa dijadikan pembeda diantara jenis lain, namun untuk orang awam tentu akan kebingungan sebagai bentuk dari hidung burung ini cukup beragam.

Ciri ciri burung merpati berapa bentuknya ada yang relatif besar, panjang dan apabila dilihat sedikit menggembung. Kemudian ada pula yang memiliki ukuran besar dan juga panjang, namun Kun bentuknya trepes serta memiliki warna yang cukup pekat.


Ciri Ciri Burung Merpati - Fitness formen

Posting Komentar untuk "8 Ciri Ciri Burung Merpati Yang Bagus"