-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ciri Ciri Ayam Cemani

Ciri Ciri Ayam Cemani

Ayam cemani merupakan ayam yang mengalami hiperpigmentasi dikarenakan gen dominan yang dimilikinya. Akibatnya, ayam ini memiliki warna hitam di sekujur tubuh, mulai dari paruh, bulu, bahkan organ dalamnya. Ayam ini sering digunakan untuk ritual-ritual tertentu sehingga jarang sekali dikonsumsi oleh masyarakat. 

Namun, saat ini banyak yang menjadikan ayam cemani sebagai koleksi ayam hias. Untuk membedakan ayam cemani yang asli dengan yang palsu, simak ciri ciri ayam cemani yang akan dibahas di bawah ini.

Morfologi dan Ciri Ciri khusus Ayam Cemani asli yang Bisa Diketahui

1. Jengger Ayam Cemani

Ciri ciri ayam cemani yang pertama dapat kita lihat pada bagian jenggernya. Tidak seperti ayam pada umumnya yang memiliki jengger berwarna merah, ayam cemani memiliki jengger hitamnya sejak kecil. Namun, ketika ayam ini semakin besar, bagian bawah jenggernya akan berubah menjadi kemerahan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kalkun

2. Paruh Ayam

Ayam cemani memiliki warna hitam yang khas pada bagian tubuhnya. Termasuk pada bagian paruh ayam. Warna hitam pada paruhnya akan semakin memudar seiring dengan tumbuhnya ayam cemani. Hal ini disebabkan oleh proses makan ayam yang menggunakan paruh untuk mematuk makanannya, sehingga lambat laun ujung paruhnya berubah warna menjadi putih.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Pelung

3. Ukuran Ayam Cemani

Ciri ciri ayam cemani selanjutnya dapat kita lihat dari ukuran ayam. Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan ukuran baku dari ayam cemani, tapi rata-rata ayam ini memiliki berat badan antara 2-3 kg untuk ayam betina, dan 3-4 kg untuk ayam jantan. Dapat dikatakan bahwa ukuran tubuh ayam ini berukuran sedang.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kate

4. Kulit dan dubur

Untuk bagian ketiak dan kulit ayam cemani, terlihat jelas bahwa warnanya hitam legam. Tidak bercampur dengan warna yang lain. Begitu juga dengan dubur. pada bagian dubur ayam cemani berwarna hitam legam. Tidak seperti dubur pada jenis ayam yang lain.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Hutan

5. Kaki Ayam

Kaki ayam cemani juga berwarna hitam, berbeda dengan ayam lain yang biasanya memiliki warna kaki kuning atau putih. Akan tetapi, warna hitam pada kaki ayam ini terkadang terlihat agak putih ketika kulit kakinya yang bersisik dalam kondisi kering.

6. Bulu Ayam

Ciri ciri ayam cemani yang paling mudah kita kenali adalah bagian bulunya yang berwarna hitam. Bulu ayam ini tidak akan bisa memiliki tingkat kehitaman hingga 95% jika sebelumnya pernah mengalami persilangan dengan jenis ayam yang lain. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Serama

7. Daging Ayam Cemani

Ketika ayam cemani telah dimasak, dagingnya akan berwarna hitam, dan sebagian darinya menunjukkan warna keabu-abuan. Inilah yang membuat ayam cemani jarang dikonsumsi, karena sebagian orang akan merasa jijik untuk memakannya. Namun, pada dasarnya rasa yang dimiliki daging ayam ini sama saja dengan daging ayam kampung lainnya.

8. Bagian Lidah dan Tenggorokan

Pada bagian lidah ayam ini memiliki warna abu-abu atau terkadang berwarna putih. Sangat jarang sekali ditemukan ayam cemani dengan lidah berwarna hitam. Itu sebabnya banyak yang memburu ayam cemani dengan warna lidah yang langka ini. Sedangkan pada bagian tenggorokan, memiliki warna hitam. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Buras

9. Makanan Ayam

Agar pertumbuhan ayam cemani dapat berlangsung dengan baik, biasanya anak-anak ayam akan diberikan voer atau BR karena mengandung protein yang tinggi. Selain itu, ciri ciri ayam cemani ini juga dapat menerima makanan lain seperti jagung giling, konsentrat ayam, bekatul ataupun dedak yang dapat dicampur dengan sayur-sayuran seperti bayam, kangkung dan sebagainya.


Ciri Ciri Ayam Cemani - Fitness formen

Posting Komentar untuk "9 Ciri Ciri Ayam Cemani"