Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ciri ciri Burung Kakak Tua, Si Burung Cedas

Ciri ciri Burung Kakak Tua

Kakak tua merupakan burung hias yang mempunyai bulu indah dan suara yang cukup nyaring. Ia merupakan spesies burung dengan kecerdasan yang bagus. Sebab itu ia sering digunakan untuk mengisi acara hiburan seperti di kebun binatang ataupun acara hiburan yang lain. Burung yang banyak dikenal melalui lagu anak-anak ini mempunyai ciri dan bentuk yang sangat menarik. Untuk itu yuk kita mengenal si cerdas ini melalui ciri ciri burung kakak tua berikut ini:

Mengenal Si Burung Cerdas Morfologi dan Ciri ciri Burung Kakak Tua asli

1. Paruh

Sesuai dengan familinya yaitu psittacidae burung kakak tua memiliki paruh yang bengkok, besar, dengan ujung yang runcing. Paruh tersebut yang membuat ciri ciri burung kakak tua menjadi khas. Hal tersebut berguna untuk mengunyah, menjepit, dan mengendalikan makananya. Selain itu, Karena hal tersebut pula, ia disukai oleh pencinta burung paruh bengkok di penjuru dunia. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Burung Elang

2. Postur Tubuh

Selanjutnya ciri ciri burung kakak tua adalah postur tubuhnya yang gempal disertai dengan sayap-sayap yang kuat.

3. Warna

Kemudian jika warna bulu burung paruh bengkok lain berwarna mencolok dan warna-warni, si cerdas ini memiliki satu warna saja yang mendominasi dan berwarna kalem. Beberapa warna pada bulunya, yaitu warna putih, hitam, merah muda. Tentunya setiap jenis kakak tua memiliki warna khas yang membedakan antara jenis satu dengan lainnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Cemani

4. Jambul

Selain paruh yang menjadi ciri khas burung cerewet ini, ciri ciri burung kakak tua yang khas lainnya adalah jambul yang ada di kepala bagian atas. Setiap spesies cacatuidae memiliki warna yang berbeda untuk jambulnya itu. Selain itu ciri khas satu ini dapat ditegakkan sesuai dengan suasana hatinya. Contohnya saja, pada saat ia senang atau malah stress maka jambulnya akan tegak. Jika ia biasa saja maka, jambulnya tidak akan naik ke atas. Tidak itu saja, jambul atau jenggernya juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan sesamanya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kalkun

5. Bulu

Ciri yang selanjutnya adalah bulu dari cactuidae memiliki serbuk bedak yang berfungsi untuk melindunginya dari air. Sehingga ia tidak kebasahan dan tubuhnya tetap kering. Selain itu burung ini juga terkenal memiliki bulu yang indah dan menarik.

6. Suara

Berikutnya, suara yang dimiliki burung yang banyak dijumpai di Indonesia Timur ini terdengar nyaring seperti berteriak. Selain itu suaranya juga cenderung berisik dan bisa didengar hingga jarak satu kilometer. Meskipun tidak begitu jelas, ia dapat menirukan suara manusia hingga 20 kosakata loh. Hal ini membuatnya tampak menggemaskan dan lucu. Sehingga ia menjadi salah satu primadona klangenan. Cerdas sekali bukan burung satu ini?

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Pelung

7. Kelakuan

Kelakuan atau kebiasaan dari si cerdas ini sangat istimewa. Selain ia bisa menirukan suara manusia kebiasaannya yaitu suka bersosialisasi dengan manusia. Misalnya ia suka bertengger di tangan, pundak, maupun kepala manusia. Ia juga bisa depresi jika kurang perhatian.

8. Dimofik

Selanjutnya adalah dimofik yaitu sulit dibedakan antara jantan dengan betina. Hal tersebut dikarenakan beberapa spesies memiliki perbedaan ukuran dan warna mata. Sehingga tes DNA lah yang bisa menentukan jenis kelaminnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kate

9. Kaki

Yang terakhir adalah kaki, burung kakak tua memiliki kaki dengan susunan jari yang bersilangan. Jumlah jarinya tersebut ada empat, dua jari menghadap kedepan sedangkan dua lainnya menghadap ke belakang. Kaki tersebut berfungsi untuk menggenggam makanannya dan memanjat pohon secara kuat. Hal ini juga merupakan ciri ciri burung kakak tua yang unik.


Ciri ciri Burung Kakak Tua - Fitness formen

Posting Komentar untuk "9 Ciri ciri Burung Kakak Tua, Si Burung Cedas"