close

5 Jenis Strategi Pemasaran untuk Bisnis Online

Di era digital ini, jumlah pengguna internet terus meningkat dan semakin banyak orang menghabiskan waktu mereka di internet. Akibatnya, semakin banyak pula orang yang memilih untuk berbelanja online. Para pelaku bisnis pun mulai menyadari potensi besar yang ditawarkan dan melakukan migrasi besar-besaran dari bisnis konvensional ke bisnis online. Per Juni 2022, jumlah UMKM di Indonesia yang telah beralih ke penjualan online meningkat hingga 11 juta. Karenanya, strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis online yang kian kompetitif. 

Apa itu Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran adalah sebuah rencana terstruktur untuk mencapai tujuan marketing sebuah perusahaan. Strategi ini menggabungkan berbagai taktik dan metode untuk mempromosikan produk atau jasa, menjangkau target pasar, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. 

Tujuan utama strategi pemasaran adalah meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan daya saing di pasar. 

Strategi Pemasaran Bisnis Online

Di sini kita akan membahas berbagai strategi pemasaran online yang dapat membantu kamu menjangkau target audience, meningkatkan brand awareness, dan mendorong penjualan.

  1. WhatsApp CRM

WhatsApp CRM merupakan integrasi WhatsApp Bisnis dengan software CRM. Perangkat ini dapat memudahkan komunikasi dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Kamu dapat mengirimkan informasi, seperti info produk dan promo, serta layanan pelanggan secara otomatis melalui pesan WhatsApp. Otomatisasi ini mengubah kinerja menjadi lebih hemat waktu dan tenaga sehingga efisiensi kerja tim pun meningkat.

Semua riwayat percakapan dengan pelanggan kemudian akan disimpan dalam database dan dikategorikan. Jika pelanggan sudah dikelompokkan dalam beberapa segmen, kamu dapat memberikan layanan yang lebih personal dan bertahan lama. Kepuasan pelanggan pun meningkat seiring dengan peluang konversi dan retensi pelanggan.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti optimasi mesin pencari. Ini adalah serangkaian teknik untuk meningkatkan pengenalan merek (brand awareness) dan peringkat website di hasil pencarian.

Misalnya, kamu punya toko baju online yang menjual pakaian wanita. Lalu kamu melakukan optimasi dengan menargetkan kata kunci “baju wanita murah”. 

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat dengan mengaplikasikan strategi ini.

  • SEO membantu website muncul di halaman pertama mesin pencari. Hasilnya, website toko online kamu bisa muncul di hasil pencarian teratas untuk keyword tersebut. Toko online jadi lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan yang potensial. 
  • Website yang muncul di halaman pertama mesin pencarian dianggap lebih kredibel dan terpercaya. Website jadi punya reputasi yang bagus dan menarik lebih banyak pelanggan.
  • Semakin banyak pengunjung website, maka toko online kamu semakin mudah dikenali. Artinya, brand awareness meningkat.
  • SEO adalah strategi pemasaran jangka panjang yang dapat memberikan hasil berkelanjutan jika optimasi konsisten dilakukan.
  • SEO dapat memastikan website ditampilkan pada audiens yang benar-benar mencari informasi yang relevan. Karena konten yang relatable, memiliki kemungkinan meningkatkan penjualan.
  • Jika dibandingkan dengan iklan berbayar, SEO bisa dibilang relatif hemat biaya.  Karena hal ini dapat meningkatkan ROI (Return on Investment) website.
  1. Social media marketing

SMM (Social Media Marketing) adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audience. SMM bukan hanya tentang mempromosikan produk atau layanan. Inti dari strategi ini adalah membangun hubungan dan interaksi dengan (calon) pelanggan kamu. 

Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan SMM untuk bisnis online.

  • Buat konten menarik dan informatif yang relevan dan disesuaikan dengan minat target audience. Misalnya, berita, artikel, atau tips bermanfaat. Dengan cara ini, calon pelanggan yang tertarik dengan kontenmu bisa menemukan akunmu dan mengenal bisnis online kamu.
  • Tanggapi komentar, pertanyaan, dan pesan dari audiens kamu dengan cepat. Integrasikan media sosial kamu dengan CRM. Semua pesan yang masuk dari semua platform yang kamu gunakan untuk pemasaran akan diterima di dalam satu inbox terpusat. Dengan begini, kamu bisa menanggapi setiap pesan tanpa harus berganti-ganti aplikasi. Tidak perlu lagi khawatir ada pesan yang terlewat dan membuat (calon) pelanggan kecewa.
  • Adakan giveaway dengan meminta followers untuk like dan share post serta tag teman mereka di kolom komentar dengan tawaran produk gratis. Tujuannya agar visibilitas bisnis online makin meningkat; sehingga, semakin banyak orang yang tahu keberadaan bisnis online kamu.
  1. Email marketing

Email marketing adalah strategi pemasaran digital yang memanfaatkan email untuk menjangkau pelanggan dan calon pelanggan. Pertama-tama, sajikan konten yang menarik dan bermanfaat pada landing page website kamu. Sematkan pula sebuah formulir online dengan penawaran berupa diskon, ebook gratis, atau konten eksklusif. 

Kemudian, kamu dapat meminta pengunjung untuk mengisi formulir tersebut dengan informasi kontak mereka. Insentif tersebut kemudian dikirimkan melalui email. Sekarang kamu berhasil mendapatkan satu email pelanggan potensial.

Langkah selanjutnya, bangun hubungan baik dengan audiens kamu di daftar email. Kelompokkan mereka berdasarkan minat dan perilaku. Dengan begini, kamu bisa mengirimkan email yang lebih relevan dan personal kepada pelanggan.

Secara rutin, pantau berapa banyak orang yang membuka email kamu dan mengklik tautan di dalamnya. Jumlah pembelian setelah menerima email juga bisa dipantau menggunakan CRM. Lakukan A/B testing untuk mengetahui email yang bagaimana yang paling efektif untuk audiens kamu.

  1. Influencer marketing

Kamu bisa bekerjasama dengan influencer untuk membuat konten foto atau video dengan menggunakan produk atau layanan kamu dan membagikannya kepada followers media sosial mereka. 

Tak hanya memiliki followers yang besar, para influencers telah memiliki hubungan dan kepercayaan dengan mereka. Hal ini dapat mendorong terjadinya interaksi dan partisipasi audiens. Ketika audiens berinteraksi dengan konten tentang produk kamu, mereka akan lebih mudah mengenali dan mengingatnya. Bahkan seringkali para followers jadi terpengaruh untuk membeli produk serupa.

Ada banyak influencer berseliweran di media sosial dengan keunikan mereka masing-masing. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih influencer:

  1. Untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas bisnis online kamu, selalu pilih influencer terpercaya. 
  2. Perhatikan isi konten yang influencer buat dan bagikan. 
  3. Pilihlah influencer yang sesuai dengan persona bisnis online kamu dan yang mempunyai demografi followers sesuai dengan target pasar kamu. Hal ini guna menjaga agar konten promosi kamu tetap relevan.
  4. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi agar kamu tahu apakah strategi ini efektif atau tidak.

Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa memanfaatkan CRM! Kamu dapat menggunakan kode promo unik untuk melacak berapa banyak penjualan yang dihasilkan dari kolaborasi tersebut. Selain itu, CRM dapat melihat apakah ada peningkatan pengunjung ke website kamu yang masuk lewat jalur konten influencer.

Kelima jenis strategi pemasaran yang dibahas di sini hanyalah sebagian kecil dari strategi yang tersedia untuk bisnis online. Kunci utama suksesnya bisnis online kamu adalah strategi yang tepat untuk target audience, produk, dan anggaran kamu.

Tinggalkan komentar