Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Ciri Ciri Burung Elang

Ciri Ciri Burung Elang

Elang adalah hewan yang banyak dijumpai di seluruh Indonesia. Arti elang sendiri yang dalam bahasa inggris disebut eagle menunjukkan bahwa ia merupakan burung pemangsa yang berukuran besar yang berasal dari suku Accipitridae genus Aquila. Hewan berdarah panas ini memangsa mamalia kecil seperti ayam, ular, tikus, kadal, ikan, dan tupai. Hal ini dikarenakan paruhnya yang memang cocok sebagai pemangsa. Selain itu adapun ciri ciri burung elang berikut ini:

Morfologi dan Ciri ciri khusus Burung Elang Si Pemangsa Dari Langit

1. Paruh

Ciri yang pertama adalah si predator langit ini memiliki paruh yang sangat kuat, kokoh, panjang namun tak bergigi. Paruh dari elang juga melengkung ke bawah serta membentuk semacam kait dengan ujung yang tajam. Hal itu membuatnya mudah dalam memburu mangsanya. Ia memangsa dengan cara mengoyak menggunakan paruhnya tersebut. Paruh tersebut menjadi ciri ciri burung elang yang unik.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Cemani

2. Kaki

Berikutnya adalah kaki yang kuat berguna untuk mencengkram mangsanya. Sebab Kaki tersebut mempunyai kuku yang melengkung, kuat, dan tajam atau lebih sering dikenal dengan cakar.

3. Ekor

Selanjutnya burung sangat besar ini memiliki ekor yang kurang bundar, dengan ujungnya yang menghadap keluar. Hal ini yang membedakan ia dengan raptor lain.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kalkun

4. Mata

Jika kamu pernah mendapat julukan ‘ Mata Elang’ ini menandakan bahwa mata kamu memiliki penglihatan yang tajam. Memang benar, mata si pemangsa ini sangat tajam sehingga ia mampu memburu mangsa meskipun jaraknya cukup jauh. Bahkan ada yang menyebutkan mata tersebut delapan kali lebih tajam dari mata manusia. Penglihatan tersebut dapat dirasakan apabila ketinggiannya berada di atas 100 kaki.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Pelung

5. Sistem Pernapasan

Selanjutnya, ciri ciri burung elang adalah sistem pernapasan yang baik serta mampu membekali jumlah oksigen yang banyak. hal tersebut diperlukan saat ia sedang terbang. Dalam sistem pernapasannya terdapat jantung yang memiliki 4 bilik seperti manusia. Bilik atas yaitu atrium sedangkan bilik bawah yaitu vantrikel.

6. Berkembang Biak

Sama seperti unggas yang lainnya, hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Ia juga telah mempersiapkan keamanan dan kenyamanan untuk anak-anaknya dengan cara membuat cangkang yang keras di sarangnya. Hal ini bertujuan agar ia terhindar dari bahaya sampai si anak bisa terbang. Tetapi yang menjadikan ia unik adalah, predator satu ini bertelur hanya satu kali dalam setahun. Namun ia memiliki hidup yang panjang hampir sama seperti manusia yakni 70 tahun.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kate

7. Burung Predator

Apabila burung lainnya memakan biji-bijian, namun elang justru memakan daging (karnivora) dan menjadi burung pemangsa. Ia memangsa hewan seperti tikus, ikan, tupai, ayam, ular, dll.

8. Ukuran

Untuk ukurannya sendiri si mata tajam ini memiliki sayap lebih dari dua meter, sedangkan yang paling kecil memiliki rentang sayap sekitar satu meter. Untuk panjang tubuhnya memiliki ukuran yang beragam yaitu antara 90 dan 40 cm.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Hutan

9. Warna

Kemudian, warna burung besar ini adalah coklat. Namun ada beberapa spesies yang berwarna keputihan ataupun abu-abu.

10. Sayap

Berikutnya, pemangsa berdarah panas ini memiliki sayap yang panjang, lebar, dan persegi panjang. Sehingga mereka memiliki jari yang berupa bulu-bulu primer dipisahkan dan mempunyai penampilan jari. Sekadar informasi, dengan sayap-sayapnya tersebut, burung ini dapat terbang dengan kecepatan 300 km/jam. Sebab itu ia dapat bermigrasi ke seluruh penjuru dunia. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Serama

11. Dimorfisme Sexual

Ciri ciri burung elang yang terakhir adalah elang betina lebih besar daripada jantan. Namun, elang yang paling kecil menunjukkan dimorfisme yang ditandai dengan berbedanya warna yang muncul di setiap jenis kelamin.


Ciri Ciri Burung Elang - Fitness formen

Posting Komentar untuk "11 Ciri Ciri Burung Elang"