-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Ciri Ciri Ayam Hutan

Ciri Ciri Ayam Hutan

Sesuai dengan nama yang tersemat padanya, ayam yang satu ini tergolong sebagai unggas yang hidup liar pada wilayah hutan. Ciri ciri ayam hutan yang dapat Anda kenali dengan mudah ada pada si pejantan yang memiliki keindahan khusus yang membuatnya berbeda dari sang betina. Perbedaan itu terdapat pada bagian bulunya yang bercorak dan lebih berwarna dibandingkan dari si betina yang cenderung memiliki warna polos yang agak kusam. Fakta lainnya ialah bahwa ayam Hutan sebetulnya nenek moyang dari ayam kampung yang umum dipelihara oleh banyak orang.

Berikut Ini Morfologi dan Ciri Ciri khusus Dari Ayam Hutan asli

1. Habitat

Ciri ciri ayam Hutan kali ini dapat Anda temukan hidup liar pada wilayah hutan yang luas dan masih asri. Namun, Anda akan menemui kesulitan dalam menemukan jenis ayam yang satu ini. Hal itu terpengaruh akibat dari habitat hidupnya yang terbilang jauh dari populasi manusia sehingga mereka akan menjadi sangat lincah untuk menghindari objek asing yang ditemuinya. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Serama

2. Karakteristik

Di bagian kepala mereka terdapat jengger yang mempunyai beragam bentuk mirip seperti sebuah mahkota. Kombinasi warna gelap dan cerah juga terdapat pada bulu yang dimilikinya, warna tersebut terletak diantara sayap,punggung hingga lehernya yang berpadu menjadikannya menarik. ciri ciri ayam Hutan yang terdapat pada karakteristik berikutnya adalah suara merdu dan nyaring yang dikeluarkannya. Hingga akhirnya suara tersebut seringkali terdengar pada bagian hutan yang luas. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Buras

3. Ukuran

Hewan yang masih termasuk kedalam golongan unggas ini memiliki ukuran yang berbeda antar pejantan dan betinanya. Pada ayam Hutan pejantan mereka memiliki panjang yang berkisar pada 70 cm. Sedangkan pada betinanya mereka dapat tumbuh hingga memiliki panjang tumbuh berkisar 45 cm. Dengan perbedaan ukuran yang dimilikinya tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengenalinya meskipun mereka sulit untuk dijumpai.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Jawa

4. Perbedaan

Ciri ciri ayam Hutan yang selanjutnya terdapat pada perbedaan warna dan corak diantara betina dan pejantannya. Ayam Hutan betina yang pernah ditemui pada umumnya hanya memiliki warna coklat yang cenderung tua ditambah dengan garis serta beberapa bintik yang gelap.

Pada si pejantan pada umumnya mereka memiliki warna dan corak yang lebih bervariasi dan menarik. Si pejantan akan memiliki kombinasi warna pada bagian tubuhnya seperti bulu pada punggungnya yang berwarna hijau kegelapan serta warna merah keemasan di bagian leher serta sayapnya. Juga untuk pejantannya kaki mereka dilengkapi dengan taji yang berwarna ke abu-abuan.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Joper

5. Berkelompok

Ciri ciri ayam Hutan pada umumnya ialah mereka sering ditemukan hidup bersama kelompoknya. Mereka akan keluar pada waktu pagi dan sore secara kelompok untuk mencari makanan yang terdapat pada bagian permukaan tanah. Ditambah lagi dengan lingkungan hutan yang masih asri tersebut akan mempermudah mereka dalam mencari makanan yang dibutuhkan karena semua kebutuhannya hampir tersedia di dalam hutan bebas. Mereka akan memakan biji-bijian, rerumputan, serangga, dan daun-daun yang ada disana untuk memenuhi kebutuhan makannya setiap hari.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kampung

6. Sarang

Ciri ciri ayam Hutan yang terakhir adalah mereka akan membuat sarang yang digunakan untuk menyimpan telur dan berkembang biak dengan cara mengumpulkan dahan atau dedaunan kasar lalu menjadikannya gundukan yang berada pada semak-semak. Hal ini juga disebabkan oleh tempat tinggalnya yang terbilang masih dalam kondisi yang asri sehingga mereka dapat melakukan kegiatannya dengan aman dari gangguan hal asing.


Ciri Ciri Ayam Hutan - Fitness formen

Posting Komentar untuk "6 Ciri Ciri Ayam Hutan"