-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ciri Ciri Ayam Serama

Ciri Ciri Ayam Serama

Ayam serama menjadi salah satu ayam yang berasal dari negeri Kelantan, yang juga di Indonesia cukup populer. bisa dikatakan jika ayam ini dikenal dengan gayanya yang sangat khas karena penuh dengan aksi. Apalagi ayam ini mampu memikat hati para pecinta ayam hias. Untuk itu di bawah ini adalah penjelasan mengenai ciri ciri ayam serama asli untuk kamu.

Morfologi dan Ciri ciri khusus Ayam Serama asli, jantan dan betina yang Wajib Dipahami Oleh Pencinta Ayam Hias

1. Susunan Bulu Ekor

Bisa dikatakan untuk ciri ciri ayam serama ini bisa dilihat dari susunan bulu ekornya. Karena bulu ekornya akan terbagi menjadi dua bagian. Yang mana pada bagian utama pada masing-masing akan berjumlah 6 pada sisi kiri dan juga kanan dengan bentuk tegak lurus. Dan jika dilihat bentuknya tersusun dengan rapi serta memiliki ukuran yang besar.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Buras

2. Warna Bulu Ayam

Untuk yang selanjutnya bisa dilihat dari warna bulu ayam, karena ayam jenis ini memiliki warna yang cukup harmonis dan seragam bahkan dari seluruh arah. Warna dari bulu ayam ini sangat khas karena cukup mengkilap dan juga terang sehingga tidak akan membosankan bagi siapa yang melihatnya.

Namun, biasanya untuk ayam jenis ini memiliki bulu dengan warna putih. Sehingga warna putih tersebut akan berpadu dengan warna perak sehingga membuat ayam serama sangat cantik dan diminati oleh banyak orang.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Jawa

3. Dada Terlihat Lebar

Pada bagian dada juga bisa menjadi ciri ciri ayam serama yang cukup khas karena ukurannya lebar dan juga besar. Terlebih lagi dengan strukturnya yang meninggi ke arah depan. Sehingga menjadikan ayam ini tampak bagus bahkan terlihat seperti ayam yang menantang untuk bertengkar.

4. Tinggi Tubuh

Karakter dari tubuh yang dimiliki oleh ayam ini memiliki tinggi yang seimbang dengan dada. Yang apabila diamati secara menyeluruh, maka tubuh dari ayam ini terlihat proporsional. Bahkan jika dilihat lebih detail, bentuk tubuh ayam ini hampir mirip dengan ayam pada umumnya.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Joper

5. Bahu Ayam

Ayam ini juga memiliki bahu yang terlihat lebar dengan posisi tepat di belakang dada. Apalagi dengan tulang pinggulnya yang kecil membuat ayam ini terlihat tampak gagah. Untuk bentuk dari tubuh seperti ini bisa dijadikan patokan ciri ciri ayam serama agar tidak salah pilih. Itulah sebabnya, jenis ayam ini sangat cocok sebagai peliharaan bahkan bisa mengikuti kontes ayam.

6. Bentuk Kaki

Untuk bentuk kaki ayam ini memang terlihat bagus karena bentuknya yang paralel, tidak bengkok sama sekali. Dengan bentuk kaki yang seperti ini akan menjadikan tubuh ayam seimbang.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kampung

7. Ukuran Badannya

Bisa dikatakan jika ukuran dari badan dari ayam ini kecil dibandingkan dengan ayam lainnya. Bahkan ukurannya hampir mirip dengan ayam kate yang juga menjadi ayam hias. Jadi, banyak sekali orang yang salah ketika membedakannya.

Berat badan yang dimiliki oleh ayam ini paling besar hanya 500 gram saja. Bahkan ada pula beberapa ayam yang memiliki berat badan kurang dari 500 gram.

8. Sifat Ayam

Penampilan serta gaya dari ayam jenis seperti ini memang sangat mirip dengan orang yang sombong, karena gayanya yang selalu membusungkan dada. kemudian kepalanya akan ditarik ke belakang sampai lehernya bisa membentuk huruf S.

Namun, perlu kamu ketahui jenis ayam seperti ini memang memiliki sifat yang cukup jinak. terlebih lagi jika bersama dengan majikan, maka sifat manja dari ayam serama ini akan muncul.


Ciri Ciri Ayam Serama - Fitness formen

Posting Komentar untuk "8 Ciri Ciri Ayam Serama"