-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ciri Ciri Ayam Buras

Ciri Ciri Ayam Buras

Buras merupakan salah satu istilah yang berasal dari bukan ras, sehingga ayam buras ini adalah ayam lokal dari Indonesia. Yang mana jenis ayam seperti ini sudah menyebar ke seluruh pulau yang ada di Indonesia. Sebutan dari ayam buras ini jauh lebih populer dengan nama ayam kampung. Nah, di bawah ini adalah beberapa ciri ciri ayam buras yang perlu kamu ketahui agar tidak salah pilih:

Morfologi dan Ciri Ciri khusus Ayam Buras asli di Indonesia, jantan dan betina

1. Memiliki Pertumbuhan yang Cukup Lambat

Bisa dikatakan jika ciri ciri ayam buras dapat dilihat dari perkembangan serta pertumbuhannya, karena memang pertumbuhan pada ayam ini relatif cukup lambat. Bahkan ketika sudah berusia 2 bulan saja, besar badannya masih sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Baru setelah melewati umur 8 bulan sampai 12 bulan. Ayam jenis ini akan terlihat lebih besar dan dewasa.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Jawa

2. Segi Produktivitas

Jika dilihat dari segi produktivitas bertelurnya, maka ciri ciri ayam buras ini akan bisa bertelur setelah memiliki umur lebih dari 6 bulan. Biasanya ayam jenis seperti ini mampu bertelur kurang lebih sebanyak 115 butir pada setiap tahun.

3. Dari Segi Fisik

Apabila dibandingkan dengan ayam lainnya, maka untuk ciri ciri ayam buras ingin memiliki fisik yang kecil dan ramping. Bukan hanya itu saja, pada bagian leher ayam juga cukup panjang.

Kemudian pada bagian kepalanya terdapat dulu dengan warna putih. Namun, untuk anak ayam biasanya dari ujung kepala sampai leher akan memiliki bulu dengan warna putih.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Joper

4. Ukuran Tubuh

Ciri selanjutnya dari ayam buras yang bisa diketahui adalah dari ukuran tubuhnya. untuk ukuran tubuh yang dimiliki oleh ayam jantan atau betina tentu cukup berbeda jauh.

Karena untuk betina yang cenderung lebih kecil dan ramping. Sedangkan untuk jantan, memang memiliki tubuh yang ramping namun memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Dimana berat badan untuk betina sekitar 3 kg, dan untuk ayam jantan memiliki berat yang bisa mencapai 4 kg.

Akan tetapi ada pula jenis dari ayam buras yang memiliki berat badan yang yang bisa mencapai 5 kg sampai 6 kg. Bahkan ketinggian dari ayam untuk jenis tersebut biasanya mampu mencapai 40 hingga 50 cm.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kampung

5. Warna Bulunya

Perlu kamu ketahui, jika ayam buras memang memiliki banyak jenis. Dan terdapat salah satu jenis ayam yang memiliki ciri khas tersendiri pada warna bulunya. Biasanya mereka memiliki warna bulu yang hitam legam.

Bahkan warna hitam tersebut hampir kesemua seluruh bagian tubuh. Dari moncong sampai dagingnya. yang mana untuk ayam jenis seperti ini memang merupakan ayam pedaging dan juga ayam hias yang paling diincar.

6. Postur Tubuh

Bisa dikatakan jika kebanyakan jenis dari ayam buras memiliki bentuk tubuh yang cukup tegap. Apalagi bentuk badan yang sangat tegak untuk ayam jantannya. Itulah mengapa banyak sekali para pecinta ayam yang memelihara ayam buras. Selain harganya yang cukup tinggi. Namun, untuk ayam seperti ini memang merupakan jenis unggulan.

Artikel menarik: Surya Harmoni

7. Berkokok

Terdapat beberapa jenis ayam buras yang memiliki ciri khusus yaitu dari kocokannya. Ciri ciri ayam buras biasanya mampu berkokok dengan panjang serta berirama sehingga banyak disukai oleh kebanyakan orang.

Suara kokokan ayam seperti ini memang memberikan peluang bagi para pecinta ayam untuk digunakan sebagai ajang kontes berkokok. Karena hal tersebutlah yang menjadikan beberapa jenis dari ayam buras memiliki nilai harga yang cukup tinggi.


Ciri Ciri Ayam Buras - Fitness formen

Posting Komentar untuk "7 Ciri Ciri Ayam Buras"