close

5 Tips Merawat Vespa Matic Agar Awet dan Selalu Tampak Baru

Beberapa tahun belakangan ini peminat vespa matic meningkat pesat. Vespa kini tidak hanya sekedar alat transportasi, namun juga menjadi gaya hidup. Agar selalu tampak baru dan enak digunakan, Anda perlu memberi perawatan secara berkala. Terlebih lagi harga motor matic lebih tinggi, sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Tips Merawat Vespa Matic Agar Lebih Awet

Selain ke bengkel, pada dasarnya perawatan vespa matic dapat dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa tips merawat vespa kesayangan Anda:

  • Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Vespa jenis ini memang didesain menggunakan bahan bakar yang mengandung oktan tinggi. Anda bisa menggunakan Pertamax dengan RON 92, Pertamax Turbo atau Shell Power dengan RON 95. Penggunaan BBM dengan oktan tinggi tidak meninggalkan kotoran di selang bensin. 

Selain itu, performa vespa matic terbaru akan tetap terjaga dan tarikannya tidak berat. 

  • Merawat Rem dengan Baik

Rem belakang menjadi aspek penting, namun seringkali pemilik vespa matic mengabaikannya. Sebab, rem yang tidak bisa bekerja optimal akan mempengaruhi risiko keamanan penggunanya.

  • Rutin Mengganti Oli

Mengganti oli secara rutin akan membantu mengurangi tingkat keausan komponen mesin vespa. Sebab, keausan mesin juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara. Jadwal penggantian oli vespa matic bisa dilakukan 3 hingga 4 bulan sekali. 

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, sehingga sirkulasi tetap terjaga walaupun motor tidak dinyalakan.

  • Memanaskan Mesin

Perawatan selanjutnya yaitu memanaskan mesin vespa minimal 5 menit sebelum digunakan. Memanaskan vespa bertujuan agar mesin terlumasi secara menyeluruh. Selain itu, mesin vespa matic yang Anda miliki akan selalu optimal, sehingga siap digunakan kapan pun.

  • Manajemen Aki yang Baik

Ketika vespa tidak Anda gunakan dalam waktu yang lama, maka sebaiknya dicabut. Tujuannya untuk memutuskan aliran listrik sekaligus untuk menghemat daya. Selain itu, mencabut aki juga bertujuan untuk menjaga daya tahan aki demi menghindari kebocoran listrik. 

Merawat vespa matic dengan baik sebetulnya bukan merupakan hal yang sulit. Perawatan rutin akan menjaga stamina mesin vespa tetap optimal, sehingga kapan pun Anda membutuhkannya langsung bisa digunakan. 

Tinggalkan komentar