-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Ciri Ciri Ayam Joper

Ciri Ciri Ayam Joper

Ayam joper atau yang sering juga disebut sebagai ayam kampung super, adalah ayam yang merupakan hasil persilangan di antara ayam kampung dan juga ayam petelur. Ayam yang satu ini banyak sekali diternak karena sangat mudah dibudidaya, serta kurun waktu panennya cukup singkat. Bagi kamu yang ingin beternak ayam, maka di bawah ini adalah beberapa ciri ciri ayam joper yang wajib untuk diketahui.

Peternak Harus Tahu Tentang Morfologi dam Ciri Ciri khusus Ayam Joper asli jantan dan betina

1. Dari Segi Warna Tubuh

Ciri ciri ayam joper yang pertama dapat dilihat dari warna yang ada pada tubuhnya. Umumnya warna yang paling dominan pada bulu ayam ini adalah warna kuning dan juga putih.

Akan tetapi, ada pula ayam yang yang memiliki warna lain seperti coklat, hitam dan juga abu-abu. Namun untuk warna kuning dan juga putih adalah yang paling dominan. Meskipun nantinya banyak beberapa yang memiliki warna berbeda. Namun, pasti mereka akan memiliki warna kuning beserta warna putih.

Artikel terkait: Ciri Ciri Ayam Kampung

2. Memiliki Tubuh Yang Kuat

Apabila dibandingkan dengan ayam lainnya, maka ayam jenis seperti ini memiliki tubuh yang cukup kuat. Apalagi ketika masa awal pemeliharaan, yang mana mereka tidak akan mudah terkena penyakit.

Hal ini dikarenakan, ayam seperti ini sangat mudah untuk bertahan hidup meskipun berada di lingkungan yang baru. Tak heran bukan apabila banyak para peternak ayam yang memilih jenis ayam seperti ini.

3. Sangat Lincah

Ciri ciri ayam joper yang berikutnya dapat dilihat dengan bagaimana dengan kelincahan mereka. Berbeda dengan ayam lainnya, untuk jenis ayam seperti ini memang memiliki gerak tubuh yang sangat lincah.

Bukan hanya itu saja, mereka juga memiliki bentuk tubuh yang lumayan ramping sehingga bisa berlari dengan cepat. Gerakan tubuh yang sangat lincah inilah yang biasanya dilakukan ketika mereka merasa dalam bahaya.

4. Selalu Berkokok

Bisa dikatakan jika berkokok adalah ciri ciri paling umum yang dimiliki oleh ayam jenis ini. Hal tersebut disebabkan, untuk jenis ayam seperti ini memang sangat sering berkokok serta memiliki suara yang cukup bising. Terlebih lagi pada saat pagi hari ataupun pada saat mereka tengah kelaparan.


6. Tingkat Kematian Relatif Rendah

Ciri ciri ayam joper yang berikutnya dapat dilihat dari tingkat kematian. Karena untuk ayam jenis seperti ini memang sangat rendah untuk angka kematiannya apabila dibandingkan dengan ayam kampung biasa.

Tak heran jika banyak sekali para peternak yang memilih ayam joper sebagai pembudidayaan. Karena para peternak bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan tingkat kematiannya yang cukup rendah.


7. Kemampuan Bertelur

Terdapat ciri yang cukup khas yang dimiliki oleh ayam joper, yaitu mereka mampu bertelur secara terus-menerus. Ciri yang seperti ini memang paling umum dimiliki oleh ayam ras. Akan tetapi, untuk ayam joper seperti ini tidak memiliki sifat untuk mengerami telurnya. Yang artinya ketika mereka sudah bertelur maka akan dibiarkan saja.

Pastinya ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para peternak. Sebab mereka akan mendapatkan bonus telur karena ayam jenis ini sangat mudah untuk bertelur.

8. Ukuran Tubuh

Apabila dilihat dari segi fisiknya dapat ditemukan ciri ciri ayam joper, tentunya untuk ayam jenis seperti ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar. Apalagi jika berjenis kelamin jantan. Sebab ayam jantan mempunyai jengger dan juga pial besar, dengan posisi tubuh yang sangat tegap.


Ciri Ciri Ayam Joper - Fitness formen

Posting Komentar untuk "8 Ciri Ciri Ayam Joper"