Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Seni Kerajinan Keramik atau Gerabah di Indonesia

Daerah Penghasil Seni Kerajinan Keramik atau Gerabah di Indonesia

Kerajinan keramik di Indonesia sudah bukan merupakan hal yang asing. Kini berbagai lapisan masyarakat juga telah familiar dengan kerajinan yang satu ini. Terdapat berbagai benda yang dihasilkan dari proses pembuatan kerajinan ini, bisa berupa vas bunga, celengan, guci, dan lain-lain. Daerah penghasil seni kerajinan keramik atau gerabah di Indonesia dapat Anda jumpai di beberapa wilayah.

Berikut Ini saya sebutkan Daerah Penghasil Seni Kerajinan Keramik atau Gerabah di Indonesia

1. Kasongan, Yogyakarta

Ketika Anda berkunjung ke Yogyakarta, Anda bisa sejenak mampir di pusat kerajinan keramik yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Bantul. Tempat ini bahkan sudah beroperasi mulai sekitar tahun 1970. Desain keramik yang diaplikasikan oleh seniman sangat indah dan kaya akan kreativitas.

Kualitas keramik yang dihasilkan cukup tinggi dengan berbagai sentuhan model. Beberapa model yang digunakan yaitu kontemporer, karikatural, dan realis. Sedangkan warna yang digunakan cukup bervariasi, mulai warna pekat, hingga warna yang terang. Anda dapat menjumpai berbagai kerajinan keramik di tepi-tepi jalan maupun di gang sekitar Kasongan.


2. Plered, Purwakarta, Jawa Barat

Salah satu daerah di Plered, tepatnya di Desa Anjun, Pamoyanan, dan Citeko telah dikenal sebagai pusat kerajinan keramik. Dalam pembuatan keramik ini, masyarakat tidak hanya bertujuan untuk mengisi aktivitas ataupun sebagai mata pencaharian saja, melainkan juga sebagai kebudayaan yang sudah hidup dan berkembang di masyarakat.

Jika Anda melewati kawasan di sekitar Kecamatan Plered, maka Anda akan menjumpai banyak keramik yang berderet dan begitu menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Kerajinan tersebut memiliki bentuk yang beraneka ragam, bisa berupa perkakas rumah tangga ataupun mainan. Bahkan beberapa bisa menjadi souvenir untuk Anda bawa sebagai oleh-oleh.


3. Sakok, Singkawang, Kalimantan Barat

Di wilayah Desa Sakok, Anda bisa menjumpai banyak sekali kerajinan tangan yang sungguh kaya akan nilai seni. Di samping Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Anda juga bisa menjumpai banyak kerajinan keramik di wilayah ini. Pada awal perkembangannya, kerajinan keramik di daerah ini bersumber dari Tiongkok.

Dengan demikian, corak yang sering dipakai untuk membuat kerajinan tersebut masih menggunakan perpaduan corak lokal dengan corak dari Tiongkok. Walaupun beberapa keramik di sini masih dibuat dengan cara yang tradisional, kualitas hasilnya tidak kalah saing dengan yang dibuat dengan menggunakan mesin, bahkan bisa bersaing dengan produk dari luar negeri.


4. Dinoyo, Malang, Jawa Timur

Malang ternyata juga termasuk dalam daerah penghasil seni kerajinan keramik atau gerabah di Indonesia. Di dekat Universitas Brawijaya, terdapat sebuah daerah yang menjadi pusat kerajinan keramik, yang dikenal dengan nama daerah Dinoyo. Di daerah tersebut, kerajinan keramik sudah berjalan mulai tahun 1957.

Kerajinan keramik yang dibuat oleh para seniman merupakan perpaduan gerabah lokal dengan Tiongkok. Oleh karena itu, terdapat banyak jenis keramik porselen. Corak yang umumnya digunakan untuk membuat kerajinan ini, yaitu tumbuhan, bunga, dan daun. Jangan lupa untuk sejenak mampir ke daerah ini ketika Anda sedang berkunjung di Malang. 


Daerah penghasil seni kerajinan keramik atau gerabah di Indonesia cukup beragam. Corak yang diaplikasikan juga cukup menarik. Bahkan beberapa keramik juga masih mengadopsi corak dari asal kerajinan ini yaitu Tiongkok. Kerajinan keramik yang ada di berbagai daerah bisa menjadi referensi Anda untuk mengisi dekorasi ruangan di rumah Anda supaya lebih indah dan terkesan mewah.


Penghasil Seni Kerajinan Keramik atau Gerabah di Indonesia - Fitness formen

Posting Komentar untuk "4 Daerah Penghasil Seni Kerajinan Keramik atau Gerabah di Indonesia"