-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Cara Impor Barang Dari Luar Negeri

Cara Impor Barang Dari Luar Negeri

Perniagaan antar negara yang biasa di lakukan oleh shipping company Indonesia biasanya terjadi karena negara luar memiliki minat yang tinggi terhadap produk yang jual. Indonesia termasuk negara agraris, jadi banyak bahan mentah seperti karet, minyak kelapa sawit dan lain sebagainya yang menjadi daya tarik negara luar terhadap produk Indonesia. Begitu pula sebaliknya, Indonesia memiliki banyak barang yang tidak bisa di produksi di negara sendiri maka dari itu perlu negara luar untuk memenuhi kebutuhan warga Indonesia. Bagi anda yang penasaran bagaimana sebenarnya proses pengiriman barang dari luar ke dalam negeri atau Impor, ini dia beberapa tahapannya.

1. Supplier / Pemasok

Ini adalah hal yang paling utama yang harus anda miliki. Apabila anda menginginkan suatu barang dari luar negeri, anda harus memiliki channel atau kenalan yang menjual barang tersebut. Untuk melakukan hal ini cukup mudah anda tinggal menentukan produk apa yang ingin anda beli kemudian anda bisa mencari informasi lengkap di Internet. Setelah itu anda juga boleh membandingkan harga yang di tawarkan mereka kepada anda.

2. Cara Dan Biaya Pengiriman

Setelah anda memiliki kontak supplier, dan menentukan harga yang pas untuk anda, anda dapat membicarakan perihal tata cara dan biaya pengiriman yang akan anda bayarkan. Alangkah baiknya apabila anda sudah memiliki Informasi tersebut yang di dapatkan dari agency company Indonesia sehingga anda sudah memiliki patokan terhadap cara dan biaya pengiriman tersebut. Anda juga harus menentukan apakah biaya pengiriman door to door, atau port to door.

3. Memilih Freight Forwarder

Setelah anda memiliki deal akan barang dan juga perkiraan biaya pengiriman, barulah anda dapat memilih ekspedisi yang akan anda pakai. Banyak sekali jasa ekspedisi impor ekspor yang dapat anda pakai. Masing-masing freight forwarder memiliki kebijakan mereka sendiri, carilah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Peraturan Bea Cukai

Sebelum anda melakukan impor atau ekspor barang ada baiknya anda memahami dulu segala peraturan yang berkaitan dengan kepabeanan dan bea cukai. Banyak pembeli dan jasa ekspedisi yang terlilit oleh masalah kepabeanan. Banyak sekali jasa ekspedisi maupun pembeli yang terjerat oleh masalah bea cukai dan kepabeanan, maka dari itu sebaiknya anda memiliki pengetahuan terhadap masalah ini.

Itu adalah sedikit tahapan bagaimana cara anda membeli barang dari luar negeri atau impor. Apabila anda memiliki background pelayaran atau memiliki teman yang bekerja di crewing Indonesia anda dapat berkonsultasi dengan mereka terkait dengan perdagangan ekspor impor dan proses pengiriman barang dari luar sampai ke Indonesia.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Cara Impor Barang Dari Luar Negeri "