-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silsilah Pendiri Kerajaan Tarumanegara [Lengkap]

Pendiri Kerajaan Tarumanegara

Pendiri Kerajaan Tarumanegara bukanlah merupakan orang dari wilayah Nusantara. Beliau merupakan seseorang yang berasal dari India yang datang ke Nusantara dalam rangka pengungsian dari kejaran penyerangan yang dilakukan oleh musuh kerajaan yang ditempatinya ketika berada di India. Pada awalnya bahkan beliau tidak berniat membentuk sebuah kerajaan, namun keadaanlah yang merubahnya. Baca juga letak kerajaan tarumanegara

Pendiri Kerajaan Tarumanegara di Banten

Latar Belakang

Didirikannya Kerajaan Tarumanegara disebabkan karena adanya penyerangan yang dilakukan oleh Kerajaan Magadha di Salankayana yang merupakan daerah asal Raja Jayasingawarman. Beliau sendirilah yang memimpin keluarganya untuk pergi dari kerajaan supaya lolos dari serangan para musuh.

Sesampainya di Nusantara, Jayasingawarman meminta izin membangun sebuah pemukiman. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu daerah yang ditinggalinya berubah menjadi sebuah kota besar. Hal inilah yang mengawali didirikannya Kerajaan Tarumanegara.


Awal Mula Berdirinya Kerajaan

Diperkirakan Kerajaan Tarumanegara berada di pinggir Sungai Citarum yang ada di Kabupaten Lebak. Sungai Citarum sendiri merupakan sebuah sungai yang membelah wilayah Jawa Barat.

Nama kerajaan sebenarnya terinspirasi dari tanaman tarum yang sering dipakai sebagai pewarna benang untuk menenun ataupun mengawetkan kain. Tanaman ini banyak dijumpai di tepi Sungai Citarum, sehingga tanaman ini juga menjadi komoditas ekspor dari Kerajaan Tarumanegara.


Pendiri Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh pemuka agama atau yang dikenal dengan istilah Maharesi yang bernama Jayasingawarman. Pendiri Kerajaan Tarumanegara ini berasal dari India dan sekaligus juga menjadi raja pertama Kerajaan Tarumanegara.

Bukti Keberadaan

Bukti adanya Kerajaan Tarumanegara ini dibuktikan dengan adanya berita dari Tiongkok yang menyampaikan Tolomo untuk menyebut Kerajaan Tarumanegara. Hal tersebut menjadi bukti bahwa keberadaan kerajaan ini sudah mendapat pengakuan dari Kekaisaran Tiongkok pada masa itu. Selain itu, diantara keduanya juga terjalin sebuah hubungan yang baik. 


Di samping itu, juga didukung dengan kisah pendeta yang berasal dari Khasmir yang bernama Gulawarman. Beliau menyampaikan jika agama yang diikuti oleh rakyat di Tarumanegara merupakan agama Hindu.

Hal lain yang menunjukkan keberadaan Kerajaan Tarumanegara yaitu ditemukannya 7 buah prasasti batu. Prasasti tersebut ditemukan di berbagai daerah. Di Bogor ditemukan 5 buah prasasti, di Jakarta ditemukan 1 prasasti, dan di Lebak juga ditemukan 1 prasasti. Ketujuh buah tersebut dikumpulkan dan diketahui bahwa terdapat hubungan di antara semua prasasti tersebut.

Pendiri Kerajaan Tarumanegara yang bukan merupakan orang asli dari Nusantara, ternyata mampu membentuk kerajaan dan memimpin dengan sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perluasan wilayah dan kekuasaan kerajaan yang bahkan bisa menguasai sejumlah kerajaan kecil. Hal tersebut tentu tidak dilakukan dengan mudah, melainkan dengan usaha keras yang dilakukan selama itu.


Pendiri Kerajaan Tarumanegara - Fitness formen

Posting Komentar untuk "Silsilah Pendiri Kerajaan Tarumanegara [Lengkap]"