Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silsilah Pendiri Kerajaan Demak

Pendiri Kerajaan Demak

Pendiri Kerajaan Demak diketahui merupakan keturunan dari Kerajaan Majapahit, yaitu keturunan dari Prabu Brawijaya. Berdirinya Kerajaan Demak juga bertepatan dengan masa keruntuhan Kerajaan Majapahit di abad ke-15. Kerajaan Demak menjadi kerajaan Islam yang pertama dan yang paling besar di wilayah Jawa.

Awal Mula Berdirinya Kerajaan Demak

Wilayah Demak pada mulanya termasuk dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Ketika keadaan Kerajaan Majapahit mulai lemah, Raden Patah memisahkan diri di tahun 1478 M. Raden Patah sendiri merupakan keturunan terakhir dari Raja Majapahit. Sedangkan Demak merupakan wilayah Majapahit yang diserahkan kepada Raden Patah.

Dalam proses pendirian Kerajaan atau kesultanan Demak, terdapat peran walisongo di dalamnya. Ketika walisongo mendakwahkan ajaran Islam, mereka berusaha untuk memusatkan aktivitas ini dan memilih Demak menjadi pusat di daerah pesisir utara di Jawa Tengah. Karena hal tersebut pula, Kerajaan Demak menjadi sebuah kerajaan Islam.


Pendiri Kerajaan Demak

Pendiri Kerajaan Demak yakni Raden Patah. Setelah beliau pergi meninggalkan Majapahit, beliau mendapatkan dukungan bupati di sekitar wilayah Demak. Kemudian beliau mendirikan kerajaan Demak. Kerajaan tersebut merupakan kerajaan Islam, sehingga norma dan aturan yang diberlakukan berlandaskan pada nilai dan ajaran Islam.

Kerajaan Demak berdiri ditandai dengan keberadaan condro sengkolo. Berdasarkan cerita yang masih hidup hingga sekarang, ketika Raden Patah berkunjung di Glagah Wangi, beliau menjumpai seseorang yang dikenal dengan sebutan Nyai Lembah. Raden Patah disarankan untuk menetap di Glagah Wangi.

Raden Patah mengikuti saran tersebut dan bermukim di desa tersebut. Kini daerah tersebut dikenal dengan sebutan Bintoro Demak. Seiring berjalannya waktu, Bintoro Demak menjadi pusat ibu kota seluruh aktivitas Kerajaan Demak.


Masa Kepemimpinan Raden Patah

Sebagai pendiri kerajaan, Raden Patah juga sekaligus menjadi raja pertama di Kerajaan Demak. Beliau memimpin kerajaan mulai tahun 1.500 sampai 1.518 M. Ketika Demak dipimpin oleh beliau, terjadi perkembangan yang cukup pesat. Hal ini juga tak lepas dari dukungan para walisongo yang berdakwah di tanah Jawa.

Wilayah kekuasaan Kerajaan Demak ketika di bawah pimpinan Raden Patah meliputi Jepara, Pati, Semarang, Rembang, Selat Karimata, serta beberapa wilayah di Kalimantan. Di samping menguasai beberapa daerah, Kerajaan Demak kala itu juga berhasil menguasai beberapa pelabuhan penting, seperti Pelabuhan Sedayu, Jepara, Gresik, Jaratan, dan Tuban.


Pendiri Kerajaan Demak yang masih keturunan kerajaan, menjadikan dirinya mahir dalam hal kepemimpinan. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor, mengapa pada masa awal pemerintahan, Demak sudah dapat memperluas wilayah kekuasaannya di samping adanya dukungan dari para walisongo. Kerajaan Demak juga dikenal sebagai pelopor penyebar ajaran Islam khususnya di Pulau Jawa.


Pendiri Kerajaan Demak - Fitness for men

Konten ini di produksi oleh jasa content writer dan di optimasi menggunakan jasa content placement

Posting Komentar untuk "Silsilah Pendiri Kerajaan Demak"