Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Tomat

Ciri Ciri Pohon Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang menghasilkan buah yang kaya akan vitamin C. Kamu pasti sudah sering menggunakan tomat dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai bahan makanan atau dimakan langsung. Namun, apakah kamu sudah mengetahui ciri-ciri pohon tomat?

Dalam sistem taksonomi tumbuhan, pohon tomat diklasifikasikan dalam family Solanaceae dan genus Solanum. Pohon tomat tergolong ke dalam tanaman yang memiliki usia pendek atau disebut sebagai tanaman semusim. Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Tomat

Tanaman tomat bisa tumbuh dengan baik dan subur di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Jenis varietas tomat sangat mempengaruhi kesuburannya. Adapun faktor lain yang mempengaruhi kesuburan tanaman tomat yaitu jenis tanah, sinar matahari, dan intensitas curah hujan.

Berikut ciri-ciri serta morfologi yang ada pada pohon tomat:

  • Akar

Morfologi akar yang dimiliki tanaman tomat adalah akar tunggang yang arah tumbuhnya ke bawah. Tidak hanya akar tunggang, namun akar pada tomat juga ada yang serabut dengan arah tumbuh ke samping.

Fungsi akar tunggang yang dimiliki tanaman tomat ialah untuk menyerap unsur hara. Sedangkan pertumbuhan akar serabutnya tidak terlalu jauh Jenis akar yang dimiliki tanaman ini cocok ditanam pada tanah yang gembur.


  • Batang

Ciri-ciri pohon tomat lainnya adalah memiliki tekstur yang lunak namun tetap kuat. Bentuk batang tanaman ini ialah persegi empat, namun ada beberapa varietas yang bentuk batangnya bulat. Terdapat rambut-rambut halus di sekeliling batang tanaman tomat.

Di antara rambut-rambut halus pohon tomat terdapat rambut kelenjar. Pada bagian bawah tanaman tomat ditumbuhi dengan akar yang pendek. Pertumbuhan batang tomat ialah bercabang banyak dan jika tidak dipangkas secara rutin akan tidak teratur tumbuhnya.

Cabang yang dimiliki pohon tomat mampu tumbuh secara merata. Warna batang tanaman ini adalah hijau dan mengalami penebalan batang pada bagian ruas-ruasnya. 


  • Daun

Tomat mempunyai anatomi daun yang bentuknya oval dan terdapat gerigi pada bagian tepinya. Bentuk yang dimiliki daun tanaman tomat cenderung menyirip dan melengkung pada bagian dalamnya. Tentu saja warna daun tanaman tomat adalah hijau.

Daun tomat mempunyai ukuran panjang sekitar 15 – 30 cm dan lebar sekitar 10 – 25 cm. Jenis daunnya ialah majemuk ganjil yang terdiri dari 5 – 7 daun. Letak daun tanaman tomat biasanya mengelilingi batang serta berselang-seling.

Daun-daun yang ada pada tanaman ini tersusun secara spiral. Terdapat tangkai daun dengan ukuran panjang sekitar 3 – 6 cm.

Baca juga: Ciri Ciri Pohon Hokianti

  • Bunga

Tanaman tomat mempunyai bunga dengan warna mahkotanya kuning dan cerah. Jumlah bunga pada tanaman ini sekitar 6 buah dengan ukuran 1 cm. Bunga ini termasuk ke dalam jenis bunga sempurna, artinya terdapat benang sari dan kepala putik pada satu bunga yang sama.

Percabangan yang muda pada cabang batang tomat merupakan tempat pertumbuhan bunga. Tanaman tomat mempunyai buang yang ukurannya relatif kecil, yakni berdiameter 2 cm. Pada pangkal bunga atau bagian bawahnya memiliki warna hijau dengan jumlah kelopak 5 buah.


  • Buah

Bentuk buah tomat sangat beragam tergantung pada jenis atau variestasnya. Ada buah tomat yang berbentuk oval, lonjong, bulat utuh, agak bulat, dan bulat persegi. Ukuran buah tomat pun juga beragam tergantung pada varietasnya juga.

Pada umumnya buah tomat yang paling kecil memiliki berat 8 gram. Sedangkan buah tomat yang paling besar mempunyai berat hingga 180 gram. Warna buah tomat yang sudah masak ialah merah, sedangkan buah tomat yang belum masak berwarna hijau.

Di dalam buah tomat terbanyak banyak biji yang berwarna putih kekuning-kuningan dan sifatnya lunak. Daging buah tomat mengandung banyak air dan kaya akan serat. Pada bagian luarnya terdapat selaput kulit tipis yang dapat dikelupas apabila sudah masak.


  • Biji

Bentuk biji buah tomat adalah pipih dengan warna putih, coklat, dan putih kekuning-kuningan. Ukuran panjang biji tomat sekitar 3 hingga 5 mm dan lebarnya sekitar 2 hingga 4 mm. Buah tomat tersusun secara mengelompok serta dibatasi oleh daging buah.

Dalam klasifikasi, tomat termasuk ke dalam ordo Solanales. Buah yang dihasilkan dari tanaman tomat memiliki banyak manfaat. Tomat dapat dijadikan sebagai bahan makanan yang dibutuhkan oleh masyarakat awam, misalnya saus.


Ciri Ciri Pohon Tomat - Fitnes formen

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Tomat"