Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Tebu

Ciri Ciri Pohon Tebu

Tebu adalah salah satu jenis tanaman rumput-rumputan yang memiliki banyak manfaat. Tebu dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Ciri-ciri pohon tebu yang mudah diingat adalah batangnya tinggi beruas-ruas dengan daun yang panjang.

Sebagian orang mungkin belum mengetahui seperti apa bentuk dari pohon tebu di alam liar. Padahal olahan dari tebu sering mereka gunakan sehari-hari seperti gula dan vetsin. Tanaman tebu sangat mudah dikenali, berikut adalah ciri-ciri dari tanaman tebu.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Tebu

1. Memiliki Akar Serabut

Tanaman tebu memiliki sistem perakaran serabut yang panjangnya bisa mencapai 1 meter. Akar tanaman tebu umumnya berwarna putih kecoklatan. Saat tanaman tebu masih muda, kamu bisa menjumpai dua jenis akar yakni akar stek dan akar tunas.

Umur dari akar stek cenderung lebih pendek dari akar tunas, sebab akar yang muncul pada bagian batang ini hanya berfungsi saat tanaman masih muda. Sedangkan akar tunas akan tetap bertahan hingga tanaman tebu mati. Akar ini muncul dari bagian tunas tanaman tebu.


2. Bentuk Batang Lurus dan Berkulit Keras

Tanaman tebu memiliki ciri morfologi batang yang berbentuk silindris dan tumbuh tegak ke atas. Batang tebu sangat ramping dan tidak bercabang namun memiliki ruas-ruas. Selain itu, kamu juga akan menemukan cincin yang melingkar pada bagian batang tebu.

Pada setiap cincin tersebut umumnya terdapat mata yang berbentuk oval atau bulat di bagian pangkal pelepah. Jika kamu perhatikan dengan saksama, batang tebu akan terlihat sedikit mengkilap, hal ini disebabkan oleh lapisan lilin yang ada pada batang.

Batang tebu bisa tumbuh mencapai 5 meter tingginya, paling rendah hanya 2 meter. Batang tebu cenderung keras dan berkulit tebal karena berfungsi untuk melindungi cairan gula di dalamnya. Sehingga saat masa panen diperlukan alat bantu untuk memotong batang agar bisa tumbang.


3. Warna Batang Tergantung Jenis

Batang tebu memiliki warna yang beragam tergantung pada jenisnya, ada yang berwarna kuning, hijau, dan merah tua. Tebu morris atau tebu kuning adalah jenis tebu yang memiliki batang berwarna kuning dengan kulit yang keras dan ruas panjang.

Tebu kuning memiliki rasa yang manis sehingga banyak dipakai pada industri gula, minuman, dan makanan. Kemudian tebu yang berwarna hijau adalah tebu telur yang sering digunakan untuk bahan bakar.

Sedangkan tebu yang berwarna merah tua merupakan jenis tebu hitam yang sering dimanfaatkan pada bidang kesehatan seperti mengobati demam, batuk, bahkan penyakit jantung. Di antara jenis yang lain, tebu hitam memiliki ukuran diameter yang paling kecil.


4. Bertulang Daun Sejajar

Biasanya, tumbuhan yang memiliki akar serabut akan memiliki daun dengan tulang daun sejajar. Demikian pula tanaman tebu yang memiliki daun sejajar dengan lebar mencapai 4 – 7 cm.

Seperti daun pada umumnya, tebu memiliki daun yang berwarna hijau namun tidak memiliki tangkai. Daun tebu hanya terdiri atas bagian pelepah dan helaian daun yang panjang. Pangkal daun tebu menempel pada ruas batang secara selang-seling.

Selain itu, daun tebu juga mempunyai bulu-bulu halus yang berfungsi untuk melindungi diri dari serangga yang mengganggu. Struktur dari daun tebu ini hampir sama dengan tanaman padi dan jagung.


5. Memiliki Bunga Majemuk

Bunga dari pohon tebu digolongkan dalam jenis bunga majemuk. Dalam satu tangkai bunga tebu terdapat puluhan bahkan ratusan bunga yang menyusun. Kemudian setiap bunga terdapat 2 kepala putik, 3 benang sari, 1 daun mahkota, dan 3 daun kelopak.

Ukuran bunga tebu dapat dikatakan besar karena panjangnya bisa mencapai 90 cm bahkan lebih. Namun sayangnya bunga tebu rentan rontok saat masih muda, terlebih saat angin kencang. Alhasil banyak bunga yang gagal tumbuh.


6. Klasifikasi Tanaman Tebu

Berikut adalah klasifikasi dari tanaman dengan nama latin Saccharum officinarum L. ini sesuai taksonomi tumbuhan, yaitu:

Kingdom/Kerajaan

Plantae

Divisi

Magnoliophyta

Class/Kelas

Liliopsida

Ordo

Poales

Famili

Poaceae

Genus

Saccharum L.

Spesies

Saccharum officinarum


Itulah beberapa ciri-ciri pohon tebu yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengenal lebih jauh tentang tanaman tebu. Sebagai tambahan, tebu tidak hanya dimanfaatkan dalam industri pangan saja tetapi juga dalam bidang kesehatan untuk mengobati berbagai penyakit.


Ciri Ciri Pohon Tebu - Fitnes formen

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Tebu"