Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Lumut Kerak Bagi Manusia

Manfaat Lumut Kerak Bagi Manusia

Lumut kerak adalah satu di antara spesies tumbuhan yang memiliki manfaat bagi lingkungan dan manusia. Meskipun sangat sedikit orang yang membudidayakannya, namun keberadaan lumut kerak tak pernah terbatas karena mudah ditemui terutama di area hutan.

Bukan hanya sekedar tumbuhan yang dikenal sebagai perusak pemandangan, lumut kerak memiliki beberapa manfaat serta kelebihan yang tidak dimiliki oleh spesies tumbuhan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari lumut kerak.


Manfaat lumut kerak bagi lingkungan dan manusia

  • Bertindak sebagai tumbuhan perintis

Keunggulan yang dimiliki tumbuhan lumut kerak salah satunya adalah ketahanan hidup yang tinggi. Tumbuhan ini mampu hidup di daerah tandus yang bahkan memiliki banyak unsur bebatuan sekalipun. Keberadaan lumut kerak yang membangun habitat di area tersebut dapat memicu tumbuhnya beberapa tanaman lain.

Kerak lumut mampu merubah suatu kawasan tertentu yang sebelumnya sulit untuk ditumbuhi pepohonan menjadi kawasan yang jauh lebih mudah ditanami. Meskipun tidak semua kawasan mampu dirubah kondisi lingkungannya seperti daerah yang memiliki tingkat kegersangan sangat tinggi, namun keberadaan kerak lumut dipastikan mampu membawa keadaan yang lebih baik.


  • Meningkatkan kapasitas nitrogen

Sebagian di antara lumut kerak mengandung cynobacterium, yaitu ganggang cyanophyta yang mampu bertahan pada intensitas cahaya rendah. Dalam hal ini habitat lumut kerak terutama yang tumbuh di area hutan tropis dapat melakukan daur ulang nitrogen. Keberadaan lumut kerak di beberapa kawasan dapat merubah nitrogen bebas di area tertentu menjadi nitrogen organik yang mengandung asam amino dan protein.

Dengan kemampuan mengendalikan nitrogen tersebut, lumut kerak bisa dimanfaatkan dalam hal penyediaan pupuk alami yang berasal dari ekosistem dasar di kawasan hutan hujan tropis. 


  • Indikator dari keadaan lingkungan

Manfaat lumut kerak bagi manusia yang ketiga adalah dapat dijadikan sebagai indikator untuk mengetahui keadaan lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan lumut kerak memiliki sensitivitas terhadap polusi yang sangat tinggi. Terlebih lumut kerak termasuk dalam kategori organisme yang tahan akan lingkungan ekstrim. Kondisi semacam ini dapat digunakan untuk memaksimalkan potensi yang ada, yaitu dengan menggunaan lumut kerak sebagai sarana alat ukur atau indikator dari adanya pengkajian mengenai kondisi lingkungan tertentu.

Dalam peranannya, lumut kerak menjadi indikator dari beberapa masalah lingkungan. Beberapa diantaranya yaitu indikator pencemaran udara, logam berat, radiasi sinar ultraviolet, kebocoran radioaktif, hingga lain sebagainya. Jika suatu kawasan tidak ditumbuhi oleh lumut kerak tersebut, maka besar kemungkinan kawasan tersebut telah tercemar.


  • Sebagai bahan pembuatan obat-obatan

terdapat beberapa jenis lumut kerak yang bisa dimanfaatkan untuk membuat obat-obatan. Salah satu yang memiliki khasiat cukup tinggi yaitu usnea. Lumut kerak yang satu ini dikenal mampu menghasilkan asam usnin yang sangat diperlukan di dunia kesehatan. Bahkan dalam usnea misaminensis telah mengandung zat anti kanker. Alat ini juga terdapat pada lumut kerak jenis ustenea dasypoga.


Selain keempat manfaat di atas, masih ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari lumut kerak jenis lainnya. Satu di antaranya yaitu lumut kerak jenis roccella tinctoria yang terkenal mampu digunakan sebagai bahan dasar lakmus. Dengan demikian maka manfaat lumut kerak bagi lingkungan secara tidak langsung juga berimbas pada kemanfaatan untuk keberlangsungan hidup manusia.

Meskipun terdapat manfaat di dalamnya, organisme yang satu ini masih tak luput dari resiko yang kemungkinan berdampak negatif bagi lingkungan. Satu contoh diantaranya adalah kemampuan lumut kerak dalam merusak bebatuan. Hal ini tentu sangat merugikan apabila lumut kerak tumbuh di area atau benda yang berharga, seperti candi dan lain sebagainya.


Manfaat Lumut Kerak Bagi Manusia - Fitness Formen

Posting Komentar untuk "Manfaat Lumut Kerak Bagi Manusia"