Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan Biologi Dalam Bidang Kedokteran

Peranan Biologi Dalam Bidang Kedokteran

Biologi dikenal sebagai cabang ilmu pengetahuan yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Salah satu yang paling menonjol adalah kontribusi ilmu biologi dalam pengembangan dunia kesehatan. Alhasil dari perkembangan tersebut menyebabkan peran biologi semakin kompleks terhadap bidang medis dan kedokteran. 

Untuk lebih jelasnya berikut ini peran-peran biologi dalam bidang kedokteran.

Peran biologi di dunia medis dan kedokteran

  • Peran biologi dalam pembuatan antibiotik

Antibiotik berasal dari suatu organisme yang mengandung senyawa kimia serta dapat menghambat perkembangan bakteri atau organisme lain. Senyawa kimia tersebut dihasilkan oleh fungi atau bisa juga secara sintetik. Dalam proses pembuatannya biologi berperan sebagai bahan penelitian khususnya bidang mikrobiologi dan bakteriologi.

Antibiotik sendiri memiliki fungsi untuk mendukung segala proses penyembuhan penyakit-penyakit tertentu yang dialami oleh tubuh. Antibiotik sekaligus mencegah terjadinya infeksi bakteri yang beresiko terhadap munculnya penyakit atau memperparah penyakit tertentu.


  • Peran biologi dalam pembuatan vaksin

Keberadaan vaksin difungsikan sebagai antigen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Karakteristik vaksin sendiri berupa mikroorganisme yang sudah mati atau lemah namun memiliki struktur yang masih utuh. Mikroorganisme ini diolah menjadi toksoid agar memiliki fungsi antigen yang dapat mencegah suatu penyakit infeksi tertentu.

Virologi adalah cabang ilmu biologi yang diterapkan dalam proses pembuatan, pengujian, hingga pengembangan vaksin. Hal ini dikarenakan virologi merupakan salah satu ilmu terapan yang mempelajari tentang virus. Sehingga keberadaannya banyak dibutuhkan di dunia kedokteran untuk menunjang bidang kesehatan dan sebagainya.


  • Peran biologi dalam pembuatan obat-obatan

Obat merupakan zat yang selalu dibutuhkan di dunia kedokteran untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dalam proses pembuatannya biologi menjadi unsur penting karena berkaitan langsung dengan farmakologi, suatu ilmu yang mempelajari tentang obat beserta cara kerjanya. Selain itu ada pula ilmu toksikologi yang mempelajari tentang hubungan antara bahan kimia dengan organisme hidup.

Karakteristik obat adalah memiliki berbagai macam jenis sesuai manfaatnya untuk kesehatan. Jenis-jenis tersebut dipengaruhi oleh zat yang terkandung di dalamnya. Meskipun sangat baik untuk kesehatan atau menyembuhkan suatu penyakit tertentu, obat juga rentan terhadap efek samping dan bahkan sangat berisiko untuk kesehatan tubuh apabila cara penggunaannya tidak sesuai anjuran.


  • Peran biologi dalam transplantasi organ

Transplantasi organ merupakan aktivitas di mana terjadinya pemindahan suatu organ atau jaringan tertentu dari tubuh seseorang ke tubuh pasien. Pemindahan organ ini didasari atas kondisi medis tertentu yang menyebabkan keadaan berbahaya apabila tidak memperoleh organ pengganti. Adapun ilmu biologi berperan sebagai landasan analisis sebelum dilakukannya pemindahan.

Analisis terhadap tindakan transplantasi organ melalui beberapa tahap. Tahapan tersebut dimulai dari pemeriksaan medis terhadap pasien dan donatur organ. Berikutnya dilakukanlah identifikasi terhadap kecocokan organ yang meliputi gen, struktur, dan bagian yang terkait dengan pemindahan organ.


  • Peran biologi dalam proses bayi tabung

Dalam perkembangan cabang ilmu biologi, kini telah ditemukan teknik persalinan melalui tabung. Teknik fertilisasi ini memungkinkan pasangan suami istri yang memiliki kelainan tetap dapat menghasilkan keturunan. Adapun metode yang digunakan adalah dengan cara memanfaatkan masing-masing gamet yang dimiliki pasangan.

Dalam perkembangan bioteknologi reproduksi manusia juga telah ditemukan teknik penentuan karakterisasi seperti penentuan jenis kelamin. Sehingga pasangan dapat menentukan sekaligus kemungkinan jenis kelamin yang diharapkan.


  • Peran biologi dalam penanganan penyakit

Perkembangan riset di dunia biologi telah menghasilkan berbagai macam penemuan terutama dalam hal penyembuhan penyakit. Dua diantaranya yaitu penyakit obesitas dan penggumpalan darah. Berdasarkan uji klinis pada praktik biologis yang dilakukan oleh para ahli kesehatan menemukan solusi alternatif dalam penyembuhan kedua penyakit tersebut.

Ditemukannya gen leptin sebagai protein pembakar lemak dipercaya dapat membantu mencegah obesitas. Adapun pemanfaatan bahan kimia aktif yang terdapat pada hewan-hewan berbahaya seperti ular dan kalajengking kini dapat dimanfaatkan untuk obat mencegah penggumpalan darah.

Melihat perkembangan teknologi di bidang kesehatan yang semakin canggih, tidak menutup kemungkinan biologi semakin berperan aktif di dunia kedokteran serta memiliki kontribusi yang sangat penting bagi kesehatan selain keenam peran diatas.


Peranan Biologi Dalam Bidang Kedokteran - fitness formen

Posting Komentar untuk "Peranan Biologi Dalam Bidang Kedokteran"