Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Stigi

Ciri Ciri Pohon Stigi

Tanaman stigi atau nama latinnya Pemphis acidula merupakan tanaman yang umum ditemui di daerah pesisir pantai. Ciri-ciri pohon stigi yang paling jelas terlihat adalah batangnya berkelok-belok sehingga memberi kesan estetis yang indah.

Tanaman yang pertama kali dideskripsikan oleh J. R. Forst pada tahun 1775 ini bisa tumbuh dengan baik pada tanah berkapur dan berpasir. Sebenarnya stigi bukan satu-satunya nama dari tanaman ini, beberapa nama yang sering disebutkan adalah santigi, cantigi, centingi, canting, dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Stigi

1. Terdapat Dua Jenis Pohon Stigi

Saat ini ada dua jenis pohon stigi yang dikenal luas, yaitu stigi laut dan stigi darat. Stigi laut memiliki ciri-ciri tekstur kayu yang lebih lunak dan ringan. Warna kayunya juga lebih cerah dibandingkan stigi darat, biasanya berwarna coklat muda atau kuning.


Sesuai dengan namanya, stigi laut hanya mampu bertahan hidup di daerah sekitar pesisir pantai dengan tanah berpasir. Sedangkan stigi darat mampu hidup dengan baik di lahan yang tandus, padat, dan berkapur seperti di pegunungan atau daerah lain yang jauh dari laut.

Ciri-ciri tanaman stigi darat adalah kayunya berwarna coklat tua atau merah kecoklatan. Bobot batangnya juga lebih berat jika dibandingkan stigi laut. Kayu pohon stigi juga terkenal kuat dan awet karena pernah ditemukan fosil stigi yang berusia puluhan hingga ratusan tahun.

2. Bentuk Batang Berkelok

Mempunyai bentuk batang dan daun yang amat eksotis membuat pohon stigi kerap dibudidayakan untuk bonsai. Batangnya yang berwarna keputihan dan berkelok-kelok membuatnya sangat cocok dijadikan bonsai yang berharga tinggi.


Dengan kemampuan yang mumpuni, sebuah pohon stigi yang biasa saja pasti akan berubah menjadi tanaman hias bonsai yang sangat cantik. Keeksotisan bonsai stigi sudah tidak perlu diragukan lagi karena para pencinta bonsai sudah membuktikannya.

3. Memiliki Daun yang Mungil

Daun dari tanaman stigi sangatlah mungil dan agak tebal, panjangnya hanya sekitar 1 – 3 cm saja. Daun stigi memiliki bentuk seperti elips sehingga bisa dikategorikan sebagai tulang daun menyirip. Saat masih muda, biasanya daun stigi akan ditutupi dengan bulu-bulu halus.


4. Memiliki Bunga yang Cantik

Bunga pohon stigi akan terlihat sangat cantik ketika bermekaran. Bunga dengan warna putih ini memiliki bentuk yang teratur berupa heksagonal. Jika beruntung terkadang kamu bisa menjumpai bunga pohon stigi yang berwarna merah muda atau pink.

Dalam satu cabang pohon stigi umumnya ada satu atau dua bunga yang terletak di ketiak daun. Satu tangkai bunga terdiri dari atas 6 daun mahkota yang berbentuk bulat seperti telur atau istilahnya orbicular.

Baca juga: Ciri Ciri Tumbuhan Eceng Gondok

5. Buah Berbentuk Unik

Bentuk buah yang dimiliki pohon stigi bisa dikatakan sangat unik. Buah stigi berbentuk kapsul dengan panjang kurang lebih 6 mm. Jika dilihat sekilas, buah stigi hampir mirip dengan buah cengkeh.

Akan tetapi, kapsul buah akan terbuka lebih lebar saat matang dan biji-biji di dalamnya akan berjatuhan. Warna khas dari buah stigi adalah kemerah-merahan.


6. Tahan terhadap Serangan Hama

Meskipun tergolong tumbuhan liar, pohon stigi memiliki ketahanan yang bagus dalam menangkal serangan hama dan penyakit tumbuhan lain. Karena itu, pohon yang satu ini bisa menjadi alternatif tepat untuk dijadikan tanaman hias, yakni bonsai.

7. Mampu Hidup dalam Jangka Waktu yang Panjang

Pohon stigi tergolong dalam tanaman yang berumur panjang. Stigi dapat hidup dalam waktu yang lama karena semakin tua umurnya, karakter dari kayu akan semakin kuat dan menciptakan guratan-guratan pada batang yang malah membuatnya semakin eksotis.


8. Klasifikasi Tanaman Stigi

Dalam taksonomi setiap makhluk hidup pasti akan diklasifikasikan menurut ciri morfologi (bentuk tubuh), fisiologi (fungsi organ), tingkah laku dan anatomi (alat dalam tubuh). Begitu pula dengan pohon stigi yang diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom/Kerajaan

Plantae

Divisi

Tracheophyta

Class/Kelas

Magnoliopsida

Ordo/Bangsa

Myrtales

Famili/Suku

Lythraceae

Genus

Pemphis

Spesies

Pemphis acidula


Melihat ciri-ciri pohon stigi yang disebutkan di atas, dapat kita ketahui bahwa tanaman liar ini cocok bila dijadikan sebagai tanaman hias. Selain itu, jika kamu pandai melihat peluang dan mau berusaha, stigi bisa menjadi bisnis yang mendatangkan omset besar.


Ciri Ciri Pohon Stigi - Fitnes formen

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Stigi"