Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Bidara Arab Asli


Pohon bidara arab memiliki keunikan tersendiri dibanding jenis pohon bidara lainnya. Kalau kamu penasaran dan ingin tahu seperti apa ciri-ciri pohon bidara arab asli, maka langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Pohon Bidara Arab Asli

Akar

Pohon bidara arab termasuk ke dalam golongan tanaman perdu. Maka dari itu jenis akar yang dimiliki oleh tanaman ini adalah akar tunggang. Jenis akar tunggang pohon bidara arab ini berasal dari biji yang kemudian berkecambah sehingga bisa tumbuh dan menjadi sebuah pohon bidara arab yang utuh. 


Sama seperti fungsi akar pada umumnya, jenis akar tunggang pada pohon bidara arab juga berfungsi sebagai pencari bahan fotosintesis dalam bentuk air dan berbagai zat hara di dalam tanah. Selain itu, akar juga berfungsi menopang pohon agar tidak mudah roboh.

Batang

Sama seperti tanaman padang pasir lainnya, batang pohon bidara arab ini juga memiliki banyak duri. Fungsi duri pada batang pohon berwarna coklat tersebut sebenarnya sama seperti mawar yaitu sebagai alat untuk mempertahankan diri. Selain itu, duri pada batang pohon bidara arab juga berfungsi untuk memudahkan proses adaptasi tanaman tersebut terhadap lingkungan sekitarnya.


Jenis duri yang banyak terdapat pada batang bidara arab termasuk jenis duri sejati sehingga sulit lepas secara alami. Pohon bidara arab yang termasuk tanaman perdu ini juga memiliki banyak cabang yang ukurannya cukup kecil.

Duri pada batang pohon bidara arab yang asli berukuran panjang dan tergolong sangat tajam. Hal tersebut sangat berbeda dengan jenis pohon bidara lainnya misal seperti bidara apel india atau bidara cina yang batang pohonnya hampir tidak terlihat durinya.

Fungsi batang pada pohon ini serupa dengan batang pohon pada umumnya yaitu sebagai penopang agar pohon tidak mudah roboh walau dibebani banyak buah. Selain itu, batang pohon bidara arab asli juga bertugas untuk menyalurkan bahan makanan ke daun dan kemudian setelah jadi maka hasil fotosintesis juga disalurkan oleh batang pohon ke semua bagian tanaman.

Buah

Membedakan pohon bidara arab asli dengan pohon bidara jenis lainnya bisa cukup mudah jika pohon tersebut sudah berbuah. Ukuran diameter pohon bidara arab yang asli biasanya sekitar 2 cm dan berbentuk bulat. Sedangkan buah pada pohon bidara jenis apel india memiliki bentuk yang lebih lonjong dengan diameter yang lebih lebar.


Bentuk dan ukuran buah bidara arab asli bahkan membuatnya dikenal dengan sebutan buah kelereng. Jika masih muda, buah bidara arab asli ini warnanya hijau. Namun saat sudah masak maka buah bidara arab asli itu akan berubah menjadi merah.

Biji

Biji bidara arab asli memiliki kulit luar seperti cangkang yang sangat keras. Oleh sebab itu, kalau kamu ingin menanam pohon bidara arab dengan cara menebarkan biji ke media tanam maka biji tersebut harus terlebih dahulu dikeluarkan dari cangkangnya. Biji yang sudah lepas dari cangkangnya itu akan membuat proses perkecambahan semakin cepat atau dengan kata lain tunas akan lebih cepat keluar.

Daun

Ciri-ciri pohon bidara arab asli lainnya adalah bagian daunnya yang memiliki bentuk tulang daun yang unik, sebab terlihat tidak beraturan. Jika dilihat sekilas, kamu tidak bisa mengatakan bahwa tulang daun bidara arab itu menyirip.

Ciri khas lain dari daun bidara arab asli adalah bentuk tepi daun yang tidak rata sebab seperti bergerigi. Jumlah daun pada pohon bidara arab asli ini terbilang lebih sedikit jika dibanding dengan jenis pohon bidara lainnya misal seperti pohon bidara apel india.

Bentuk daun bidara arab asli ini seperti oval dan berwarna hijau sedikit pudar dan tidak mengkilap. Fungsi daun bidara arab sama seperti daun tanaman pada umumnya yaitu sebagai tempat untuk mengolah bahan makanan berupa air dan zat hara dalam proses fotosintesis. Bagi manusia, daun bidara arab biasanya diolah dan dimanfaatkan untuk mempercantik kulit.

Pohon bidara arab asli sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia. Mulai dari bagian akar, buah hingga daunnya bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan, khususnya yang berkaitan dengan obat-obatan tradisional. Walau berasal dari daerah gurun pasir yang gersang namun pohon bidara arab asli bisa ditanam dan tumbuh subur di negara-negara beriklim tropis seperti di Indonesia.


Ciri Ciri Pohon Bidara Arab Asli - Fitness Formen

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Bidara Arab Asli"