Close
√ Jenis-jenis Asuransi Karyawan yang Wajib Diketahui - Fitness Formen -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Asuransi Karyawan yang Wajib Diketahui


Asuransi karyawan adalah salah satu hal penting yang diberikan dari perusahaan untuk karyawan. Dengan mempunyai asuransi, karyawan bisa memperoleh jaminan dalam bekerja, atau setidaknya tak merasa cemas terhadap kemungkinan buruk yang dapat menimpa dirinya.

Faktor keterbatasan finansial yang menjadi alasan utama mengapa karyawan memerlukan asuransi. Karyawan tak ingin penghasilan yang dikumpulkan setiap bulannya habis, hanya karena untuk biaya rumah sakit jika dirinya sakit.

Jenis-jenis Asuransi Karyawan

Bagi perusahaan sendiri, memberikan asuransi karyawan sangat baik untuk bisnis ke depannya. Sebab, bisa meringankan keuangan perusahaan dengan mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi. 

Perusahaan juga tidak akan merasa terbebani dengan pinjaman karyawan untuk menutup biaya pengobatan.

Apalagi jika ada paket kompensasi dan benefit di perusahaan yang belum mencakup asuransi. Oleh karena itu, sebaiknya harus mempertimbangkan jenis asuransi karyawan.

Dibawah ini ada beberapa asuransi yang paling dibutuhkan karyawan.

1. Asuransi Pensiun

Seluruh karyawan memerlukan kepastian saat sudah tak produktif lagi, apalagi ketika masa pensiun. Oleh karena itu, asuransi pensiun bisa menjadi solusinya.

Contohnya saja, Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan dan program Jaminan Pensiun (JP).

Setiap bulannya perusahaan harus membayarkan sebagian besar dari premi JP dan JHT.

Karyawan pun akan mendapatkan manfaat berupa dana tunai, saat mereka masuk usia pensiun dan meninggal dunia sebelum pensiun.

2. Asuransi Pendidikan 

Pendidikan yang berkualitas di Indonesia pasti semakin mahal. Baik itu dari uang masuk, uang sekolah/semester, dan biaya lainnya. 

Permasalahan keterbatasan dana menjadi salah satu pertimbangan bagi karyawan untuk meamasukkan anaknya ke sekolah favorit atau universitas ternama.

Sehingga banyak sekali yang pada akhirnya harus meminjam uang di kantor untuk membiayai pendidikan anak.

3. Asuransi Kesehatan 

Asuransi kesehatan paling banyak diinginkan oleh karyawan, karena seiring berjalannya waktu biaya medis dan tarif dokter semakin mahal. 

Salah satu asuransi kesehatan yang banyak diberikan oleh sebuah perusahaan yaitu BPJS Kesehatan. 

Perusahaan akan membayarkan tunjangan BPJS setiap bulannya dan karyawan memperoleh keuntungan dari program jaminan kesehatan nasional tersebut.

Walaupun premi murah dan manfaatnya lebih banyak, BPJS Kesehatan tetap mempunyai kekurangan. 

Misalnya saja, dalam hal pelayanan yang panjang dan berjenjang, antrean banyak, dan hanya dapat dilayani oleh rumah sakit tertentu.

Hal ini tentunya akan mempersulit karyawan yang sakit mendadak dan memerlukan perawatan cepat.

Dengan memberikan karyawan asuransi kesehatan dari perusahaan swasta bisa menjadi salah satu solusinya.

Sebab, lebih unggul pelayanannya dan lebih fleksibel untuk memilih rumah sakit baik mitra maupun non mitra perusahaan asuransi. 

4. Asuransi Perlindungan Aset

Jenis asuransi ini akan memberikan manfaat proteksi terhadap aset, baik itu properti dan kendaraan seperi asuransi astra

Contohnya saja, asuransi rumah, perusahaan akan mengganti semua kerugian atau kerusakan terhadap bangunan dan harta benda di dalamnya.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh bencana (kebakaran, banjir, angin, gempa bumi), kerusuhan, huru-hara, ledakan, petir, pencurian, dan sabotase.

Asuransi aset juga sangat diperlukan bagi karyawan, terutama untuk orang yang tinggal di daerah yang pemukiman padat dan daerah rawan bencana. 

Namun, asuransi ini pada umumnya tak diberikan perusahaan. Walaupun rumah dianggap sebagai obyek penting bagi karyawan, selain perusahaan tempat bekerja.

5. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi karyawan ini memang penting bagi karyawan sebagai proteksi atas risiko kematian.

Apalagi jika yang bersangkutan merupakan tulang punggung keluarga. 

Manfaat asuransi jiwa ini bisa menjadi santunan tunai untuk keluarga ataupun ahli waris dari karyawan yang meninggal dunia.

Dengan harapan supaya mereka tetap bisa melanjutkan hidup.

Asuransi jiwa ini hampir sama dengan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Kesehatan, dimana iurannya harus dibayarkan oleh perusahaan setiap bulan. 

Manfaat yang didapatkan adalah bantuan pendidikan anak, biaya pemakaman, santunan tunai dan berkala. 

Meskipun demikian, asuransi jiwa dari perusahaan swasta memiliki nilai manfaat lebih besar.

Namun, tetap diperlukan jika perusahaan Anda ingin memberikan perlindungan maksimal kepada karyawan dan keluarganya. 

Lifepal merupakan salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Lifepal berguna sebagai perantara nasabah dalam hal perusahaan dan pihak asuransi. 

Itu saja informasi terkait jenis asuransi, semoga bisa menambah wawasan untuk semua pembaca.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Asuransi Karyawan yang Wajib Diketahui"