Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Lakukan 5 Cara Berikut Ini!

Saat musim hujan, mobil memang cenderung membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan pada saat musim panas. Perawatan mobil tidak melulu harus membawanya ke bengkel lho! Tetapi, ada beberapa tips merawat mobil saat musim hujan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Mobil yang sering terkena air hujan namun tidak dirawat dengan benar, dapat menyebabkan berbagai masalah di kemudian hari, baik itu terhadap kondisi mesin maupun kondisi fisik mobil itu sendiri. Nah, bagaimana menghindari kerusakan mesin mobil pada waktu musim hujan? 5 tips merawat mobil saat musim hujan di bawah ini wajib kamu lakukan!

5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan Agar Mobil Awet dan Aman Digunakan

Rutin Memeriksa Kondisi Roda Ban dan Rem Mobil

Saat cuaca sedang hujan, kondisi jalan menjadi cenderung licin dan beresiko membuat ban mobil menjadi tergelincir. Oleh sebab itu, memeriksa ban secara rutin terutama saat akan melakukan perjalanan merupakan tips merawat mobil saat musim hujan yang sangat penting dilakukan.

Periksalah apakah daya cengkeram ban masih berfungsi optimal untuk digunakan pada jalanan yang basah atau mungkin terdapat komponen yang berkarat yang wajib segera diganti. Kemudian, tekanan angina ban juga tidak boleh lupa untuk dicek agar ban mobil tidak mengalami kempes di tengah jalan.

Selalu Cuci Mobil Segera Setelah Terkena Air Hujan

Tips merawat mobil saat musim hujan yang kedua ini masih sering diabaikan oleh beberapa pemilik mobil. Padahal, faktanya mobil yang tidak dibersihkan setelah kehujanan dapat menyebabkan beberapa komponen dalam mobil menjadi berkarat bahkan rusak.

Selain komponen pada mesin, air hujan yang dibiarkan mengering sendiri dapat merusak permukaan cat mobil sehingga membuat bagian eksterior mobil tampak kusam bahkan berjamur. Jadi, jangan menunda untuk segera mencuci mobil jika mobil yang kamu gunakan terkena hujan deras.

Bila perlu, cuci keseluruhan mobil dengan air bersih agar kotoran yang menempel dapat terangkat serta sisa-sisa air hujan dapat bersih tuntas tidak meninggalkan bekas. Mesin akan lebih awet dan tampak terawat meskipun sering terkena hujan.

Rajin Memanaskan Mesin Mobil Meskipun Tidak Sedang Digunakan

Mesin mobil membutuhkan suhu kerja atau temperatur yang cukup panas untuk dapat beroperasi dengan baik. Sementara, saat musim hujan, udara di sekitar cenderung menjadi dingin.

Karena  itulah tips merawat mobil saat musim hujan yang perlu kamu lakukan adalah selalu memanaskan mobil setiap hari secara rutin terutama ketika kamu berencana melakukan perjalanan. Mobil yang dibiarkan mati untuk waktu yang lama tanpa dipanaskan justru beresiko menjadi berkarat dan rusak. Pasti gak mau dong mobil rusak padahal jarang digunakan!

Periksa Komponen Mesin dan Kelistrikan Secara Berkala

Biar aman digunakan ketika cuaca sedang hujan, lakukan pemeriksaan berkala terhadap seluruh komponen mesin dalam mobil hingga sistem kelistrikan. Air hujan bisa saja masuk melalui sela-sela permukaan mobil dan mengendap pada ruang mesin. Bila tidak dicek dengan rutin, hal itu dapat menimbulkan masalah kecil hingga kerusakan besar jika dibiarkan.

Maka dari itu, sering mengecek kondisi mesin dan kelistrikan merupakan salah satu tips merawat mobil saat musim hujan. Bagian-bagian yang umumnya dapat dicek sendiri di rumah antara lain seperti fungsi starter mobil, lampu-lampu, klakson, rem mobil, hingga kabel-kabel pastikan tetap terhubung dengan baik.

Lakukan Perawatan Khusus Pada Mobil

Kamu bisa memberikan perawatan khusus pada mobil kesayanganmu yang dapat mengurangi resiko dampak buruk akibat mobil sering kehujanan. Salah satunya adalah dengan melakukan coating pada mobil. Mobil yang sering terkena hujan pasti lama kelamaan dapat merusak tampilan cat mobil meskipun mobil sudah rajin dibersihkan.

Karena itu, memberikan coating pada mobil adalah salah satu langkah tips merawat mobil saat musim hujan agar cat mobil tetap awet dan terlihat, tidak kusam atau bahkan berjamur.

Nah, tips merawat mobil saat musim hujan yang baru saja kita bahas pasti akan sangat membantu kamu untuk menjaga kondisi mobil tetap prima. Utamakan keselamatan dalam berkendara dengan tidak memaksakan untuk melakukan perjalanan jauh saat kondisi cuaca sangat buruk.

Memang, pada waktunya nanti kondisi body mobil bisa saja tetap akan mengalami kerusakan meskipun sudah melakukan perawatan yang cukup maksimal. Memilih bengkel body repair terdekat yang handal dan terpercaya bisa kamu dapatkan melalui Otoklix, platform otomotif terbaik yang menyediakan berbagai layanan perawatan mobil dari kecil hingga perbaikan besar.

Jangan khawatir, harga yang ditawarkan pada aplikasi bengkel mobil tersebut sangat terjangkau dengan jaminan kualitas yang tidak diragukan lagi. Mitra bengkel pilihan yang tergabung juga tidak sedikit lho! Ada ribuan bengkel, yang tentunya tidak akan sulit mencari bengkel terdekat di sekitar lokasi kamu.

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/12/05/081000/5-tips-merawat-kendaraan-saat-musim-hujan-bikin-berkendara-tetap-aman-dan-nyaman

Tinggalkan komentar