Ini Dia KOL: Kunci Sukses Strategi Bisnis Marketing

KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader yang dipercaya sebagai kunci sukses strategi bisnis marketing. Strategi bisnis yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa dari BDD (Boleh Dicoba Digital). 

Perkembangbiakan di dunia bisnis menghadirkan banyak istilah atau terminologi baru untuk memudahkan promosi yang dilakukan. Salah satunya yaitu istilah KOL dan Influencer sebagai sarana untuk melakukan promosi secara online.

Walaupun terbilang baru, istilah Influencer cukup banyak dikenal oleh masyarakat luas karena seringkali dijadikan sebutan untuk publik figur. Namun, istilah KOL sampai saat ini masih terbilang cukup asing bagi banyak orang, bahkan tidak sedikit yang mencari informasi terkait KOL adalah singkatan dari apa.

Pada umumnya, KOL merupakan seseorang yang memiliki pengaruh di suatu bidang atau sektor tertentu sehingga dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sesuatu. Sedangkan Influencer adalah seseorang yang banyak dikenal oleh masyarakat karena ketenarannya sehingga mudah melakukan promosi.

Contoh figur KOL yang banyak dikenal yaitu dokter kecantikan yang bisa melakukan promosi terhadap produk perawatan wajah. Sedangkan KOL di bidang kuliner yaitu chef ternama yang bisa mempromosikan bumbu masakan.

3 Peran Penting KOL

Ada 3 peran penting dari KOL yang perlu Anda ketahui untuk mempertimbangkan jasanya. KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader merupakan salah satu strategi yang efektif untuk bisnis marketing yang lancar.

1. Memperluas Jangkauan Target Pasar

Pertama, KOL memiliki peran untuk memperluas jangkauan target pasar Anda sehingga bisnis bisa berjalan dengan lebih lancar. Hal ini bisa dengan mudah dilakukan karena KOL dikenal sebagai seorang yang expert dibidangnya.

Tidak hanya itu, sebagian besar pengikut KOL biasanya memiliki ketertarikan di bidang yang sama dengan yang diikuti. Oleh karena itu, brand bisnis Anda bisa mendapatkan engangement yang lebih tinggi.

2. Membangun Kredibilitas Brand

Selanjutnya, peran KOL juga sebagai seorang yang bisa membangun kredibilitas brand agar semakin meningkat. Hal ini tentunya bisa berjalan dengan lancar jika Anda menggunakan jasa promotor yang tepat.

3. Meningkatkan Penjualan

Terakhir, KOL juga berperan sebagai seorang yang bisa meningkatkan penjualan karena promosi yang dilakukan. Hal ini terjadi karena KOL bisa mendorong publik untuk melakukan pembelian serta meningkatkan brand awareness bagi masyarakat.

Tidak hanya itu, rekomendasi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan dan menyukseskan bisnis yaitu dengan menggunakan layanan creative content development BDD (Boleh Dicoba Digital). Boleh Dicoba Digital (BDD) telah bekerjasama dengan lebih dari 50 bisnis di berbagai sektor atau bidang.

BDD (Boleh Dicoba Digital) juga merupakan web development yang memiliki beberapa pelayanan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis di era modern.

Layanan yang bisa dipilih di web development Boleh Dicoba Digital meliputi website maintenance, enterprise information system, e-commerce and website development, web apps development, dan masih banyak lainnya.

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi terkait peran KOL dalam bisnis? Demikian informasi mengenai KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar