Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Cendrawasih

Pohon cendrawasih merupakan tanaman yang asalnya dari negara Sri Lanka. Nama ilmiah atau nama latin dari tanaman ini ialah Phyllanthus myrtifolius. Pada umumnya masyarakat di negara Sri Lanka menggunakan tanaman ini sebagai hiasan. Pada ulasan kali ini kamu akan mengetahui tentang ciri-ciri pohon cendrawasih.

Tanaman cendrawasih sangat cocok digunakan sebagai hiasan pada tembok-tembok. Sebelum dibudidayakan, tanaman ini banyak tumbuh di daerah pinggiran sungai, tepatnya di wilayah pegunungan tropis. Pohon yang termasuk ke dalam famili Phyllanthus ini akan mudah tumbuh apabila tempatnya lembab dan banyak air.

Ciri-Ciri Pohon Cendrawasih sebagai Tanaman Hias

Meskipun berasal dari Sri Lanka, namun pohon cendrawasih juga banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Kamu akan dengan mudah menjumpai tanaman ini toko-toko tanaman hias. Karena perkembangbiakannya mudah, maka harga yang ditawarkan dari tanaman ini tidaklah terlalu mahal. Perhatikan ciri-ciri berikut agar kamu tahu yang manakah pohon cendrawasih itu:

1. Batang Pohon Cendrawasih

Pohon cendrawasih mempunyai batang yang ukurannya tidak terlalu besar. Ukuran batang pohon cendrawasih kira-kira hanya sebesar ibu jari tangan orang dewasa. Jenis batang tanaman ini ialah berkayu keras dan kuat. Oleh karena itu, tidak heran jika pohon cendrawasih dalam hidup puluhan tahun.
Batang tanaman cendrawasih berwarna coklat seperti batang pohon berkayu pada umumnya. Bagian luar atau kulit batang juga keras dan teksturnya kasar. Tanaman ini mempunyai batang yang mampu dililitkan dengan batang lainnya. Hal inilah yang menyebabkan pohon cendrawasih dijadikan sebagai tanaman hias.

2. Daun Pohon Cendrawasih

Daun yang dimiliki tanaman cendrawasih berwarna hijau kekuningan pada bagian depannya. Biasanya daun yang berwarna hijau kekuningan tersebut merupakan daun yang masih muda. Sedangkan daun di bagian belakang atau daun yang sudah tua mempunyai warna hijau tua. Sesuai dengan ukuran pohonnya, daun tanaman cendrawasih kecil dan berbentuk lonjong.
Bentuk tulang daun tanaman cendrawasih ialah menyirip. Jika dilihat secara langsung, daun cendrawasih memiliki tekstur yang cenderung halus dan tampak licin. Dapat dikatakan bahwa bentuk daun cendrawasih simetris. Daun tanaman cendrawasih juga tidak pernah mengalami peluruhan, sehingga dapat hidup bertahan lama.

3. Bunga Pohon Cendrawasih

Pohon cendrawasih akan berbunga ketika kondisinya subur dan usianya telah tua. Bunga pohon cendrawasih memiliki ukuran yang sangat kecil dan mungil. Posisi bunganya menggantung dari ranting pohon. Warna bunga pohon cendrawasih adalah merah mudah atau merah jambu saat masih muda, sedangkan ketika tua akan berubah warna menjadi merah tua.


Ciri-ciri pohon cendrawasih yang belum dibahas adalah tanaman ini memiliki bentuk seperti tanaman bonsai. Bahkan di Indonesia sudah menggolongkan tanaman cendrawasih sebagai tanaman bonsai. Bonsai merupakan perlakuan untuk mengerdilkan dan membentuk tanaman hias menjadi sesuai yang diinginkan.

Baca juga: Ciri Ciri Pohon Cengkeh

Adapun ciri atau karakteristik yang dimiliki tanaman cendrawasih sehingga cocok digunakan sebagai tanaman bonsai, yakni:

Bentuknya Indah

Salah satu syarat yang harus dimiliki tanaman untuk dibuat bonsai ialah mempunyai bentuk yang indah. Secara keseluruhan pohon cendrawasih bentuknya bagus, indah, dan unik. Keindahan yang dimaksud tersebut meliputi keindahan akar, daun, buah, bunga, buah, dan batang. Dengan teknik pembonsaian, keindahan pohon cendrawasih akan semakin menonjol.

Dikotil

Pohon cendrawasih termasuk ke dalam golongan dikotil atau tanaman dengan biji berkeping satu. Hal ini juga menjadi salah satu syarat agar tanaman dapat dijadikan bonsai. Tanaman dikotil mempunyai batang dengan jenis berkayu keras. Oleh karena itu, tanaman cendrawasih tahan ketika dijadikan bonsai.

Memiliki Daya Adaptasi yang Tinggi

Biasanya tanaman bonsai diletakkan pada ruangan yang minim cahaya. Oleh karena itu, syarat untuk menjadi tanaman bonsai haruslah adaptif.

Memiliki Umur Panjang

Pembuatan tanaman menjadi bonsai tidak membutuhkan waktu yang singkat. Proses pembentukan tanaman bonsai memerlukan waktu yang cukup lama. Salah satu karakteristik pohon cendrawasih ialah umurnya panjang, sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman bonsai. 

Tahan dengan Berbagai Perlakuan

Dibutuhkan tanaman yang tahan akan berbagai macam perlakuan untuk menjadikan tanaman bonsai. Salah satu bukti bahwa pohon cendrawasih tahan terdapat perlakukan ialah dapat dibelitkan dan dibentuk batangnya.

Pohon cendrawasih menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Selain bentuknya yang indah, tanaman cendrawasih juga murah harganya dan mudah cara merawatnya. Bentuk yang dimiliki tanaman ini terbilang unik, sehingga tidak heran jika dijadikan sebagai tanaman hias.


Ciri Ciri Pohon Cendrawasih - Fitness Formen

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Cendrawasih"