Penting! Ini Siasat Cepat Atasi Godaan Diet (II-Habis)
Makanan menjelang sore hari, (Foto :Rido/ Shutterstock/Click Photos)

Mengatasi godaan diet butuh siasat agar kita tak mudah terjebak nantinya – entah makanan berminyak atau berkalori besar. Ya, bahkan kalau perlu kita sudah punya siasat dalam seharian penuh. Alasan semu itu cuma satu: semakin kita siap menghadapi cobaan diet, semakin kita mudah mengatasi godaan diet.

Nah di bawah ini kami sudah mengumpulkan godaan bagaimana kita bisa menyiasati kondisi itu. Penasaran seperti apa siasatnya, baca artikel dibawah ini sampai habis.

 

>>Jam 15.30

Tawaran gorengan dan keripik yang menggiurkan dari teman kantor.

Alasan: Aneka makanan gorengan dan keripik mengandung kalori besar.

Siasat: Pegang perut Anda, pejamkan mata, dan tanya diri Anda: apakah Anda sedang benar-benar lapar. Bila benar-benar lapar, ambil makanan berserat tinggi. Misalnya, apel, pir dan pisang.

Kompensasi: Ingat, mengonsumsi satu gorengan itu sama dengan 150 Kalori. Jika makan satu gorengan belum cukup, berarti kalori yang masuk 300 Kalori. Kalori tersebut baru bisa dibakar dengan olahraga naik turun tangga selama sekitar 30 menit. Nah, pilih mana, makan gorengan lalu olahraga atau tidak makan gorengan jadi tidak perlu olahraga?

 

>>Jam 17.30

Perayaan ulangtahun teman dengan dua loyang besar pizza.

Alasan: Pizza mengandung karbohidrat yang tinggi. Alhasil, kalorinya besar. Untuk satu slice dengan crust reguler – tanpa isian keju – mengandung sekitar 300 kalori. Meskipun tidak kenyang dengan hanya makan 1 slice, tapi itu sudah mengambil jatah kalori untuk sarapan atau makan siang.

Siasat: Anda bisa pergi keluar ruangan kantor sebentar. Setelah itu, carilah tempat nyaman untuk sekedar meditasi – menarik napas dalam-dalam. Coba hindari keinginan makan pizza itu secara membabi buta. Bila Anda mengonsumsi ekstra satu potong lagi, maka jatah makan malam Anda akan hilang.

Kompensasi: Bila Anda menyerah dengan ajakan teman Anda ini, maka untuk mendapatkan defisit kalori, lakukanlah 150 jumping jacks atau 100 crunch. Kegiatan itu sudah cukup membakar apa yang sudah Anda makan, yakni sekitar 300 kalori.

 

>>Jam 20.20

Ada makanan tersedia di atas meja makan rumah.

Alasan: Seporsi makanan yang terdiri dari ayam bakar (atau rendang), tempe goreng, sambel, selada, telor kurang lebih 700 kalori.

Siasat: Pertanyaan yang sama, Anda lapar atau tidak? Dengarkan perut. Jika lapar, silahkan makan. Jika tidak, lebih baik jangan, Bung. Ingat, walaupun Anda kelaparan, jangan “sikat” semua makanan di atas meja tersebut.

Kompensasi: Bila jatah kalori sudah habis tapi tetap menyantap nasi boks tersebut, lakukan intense workout atau lari selama 1 jam untuk membakar 700 Kalori.

 

Jam 21.30

Rayuan” tukang nasi goreng atau mie rebus langganan yang lewat depan rumah.

Alasan: Nasi goreng bisa mencapai 800 Kalori tiap porsinya. Meskipun lapar, menyantap 800 Kalori dalam satu kali makan akan mengakibatkan asupan kalori harian berlebih.

Siasat: Efek makan malam atau dari konsumsi makanan boks biasanya sudah cukup mengisi perut. Bila kondisinya perut masih belum kenyang dan hasrat membeli nasi goreng muncul, sambarlah buah apel atau pisang. Itu untuk membuat perut Anda kenyang hingga bisa mengalahkan keinginan untuk beli nasi goreng.

Kompensasi: Bila tidak ingin makan sayur seharian demi bisa menikmati nasi goreng di malam hari, lebih baik lupakan keinginan itu. Jika tetap berhasrat akan sepiring nasi goreng, santaplah ½ porsi saja.

loading...
loading...