Penting! Ini Siasat Cepat Atasi Godaan Diet (I)
Minum kopi dipagi hari, (Foto :StockLite/ Shutterstock/Click Photos)

Kok sekarang ini diet makin susah aja ya,” keluh Adi (33 tahun) kepada Qalbi – tim redaksi Fitness for Men – seraya menyentil perutnya yang memang makin “makmur”. Adi mengaku bahwa banyak godaan makan yang mengganggunya mencapati defisit kalori – syarat penurunan berat badan, seperti sajian meeting dengan klien berkalori tinggi seperti kue, ulang tahun atau farewell party teman kerja yang minimal menyajikan pizza, ajakan ke rumah makan Padang saat jam makan siang, tawaran camilan gorengan dari teman kantor saat sore hari, dan banyak godaan lainnya.

Disadari atau tidak, hambatan diet pasti muncul baik secara “kultural” ataupun kebiasaan kita. Di sisi tradisi, farewell party atau acara ulang tahun teman kantor kerap memaksa kita ikut makan bareng. Jika menolak, biasanya dianggap tak sopan. Dari sisi kebiasaan, ritual ngopi di sore hari seolah menjadi syarat agar mata tetap melek dan pikiran makin fokus – padahal, efek secangkir kopi di sore hari untuk menyegarkan pikiran masihlah menjadi perdebatan.

Anda menyerah dengan dengan jalan buntu itu? Jangan tergesa-gesa, Bung. Kami berkonsultasi dr. Grace Judio-Kahl, M.Sc, MH, Cht, spesialis penurunan berat badan dari klinik Lighthouse Indonesia mengenai jalan keluar tantangan yang dialami alami serta kompensasinya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

>>Jam 06.30

Kebiasaan minum kopi usai bangun tidur, sebelum sarapan.

Alasan: Kopi – khususnya yang memakai gula dan krim – bakal menambah kalori yang masuk ke tubuh. Padahal, tubuh membutuhkan sarapan. Hal ini membuat pediet sulit untuk mencapai defisit kalori harian, syarat utama dari penurunan berat badan.

Siasat: Pilihlah kopi hitam tanpa gula karena jumlah kalorinya ialah 0. Lebih dalam, secara teori, kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak. Konsumsilah kopi yang mengandung kafein sehingga dapat membantu peningkatan metabolisme.

Kompensasi: Pertimbangkan lagi jika memilih kopi bergula dan krim di pagi hari. Sebagai perbandingan Kopi Starbucks Grande Cafe Mocha mengandung 330 Kalori. Hampir sama dengan 1 porsi lontong sayur (400 gram) yang mengandung 357 Kalori. Tentunya, lebih mengenyangkan sarapan dengan lontong sayur, bukan? Jika ingin menikmati kopi di cafe-cafe pada pagi hari, siap-siap jatah kalori untuk makan siang atau malam akan berkurang banyak.

 

>>Jam 10.30

Sajian gorengan dan camilan saat meeting dengan klien.

Alasan: Aneka makanan gorengan dan kue mengandung kalori tinggi. Sebagai patokan, 1 potong kecil tempe goreng mengandung sekitar 150 Kalori. Kalau sepotong cheese cake bisa mengandung sekitar 300 Kalori.

Siasat: Perhatikan kondisi perut. Jika tidak lapar, tidak perlu menyantap camilan tersebut. Jangan mengikuti lapar mata dan mengambil camilan yang akan mengurangi jatah kalori harian Anda.

Kompensasi: Bersiaplah memotong jatah kalori saat makan siang atau makan malam, biasanya berkisar antara 300 - 500 Kalori. Caranya, bisa menghilangkan porsi nasi yang mengandung 100 kalori dengan minum tiap 1 gelas air mineral. Kalau tiap makan rata-rata 2 gelas, maka tanpa nasi, bisa mengurangi jatah kalori yang telah terpakai saat menyantap camilan saat meeting tadi.

 

>> Jam 12.10

Ajakan makan siang di rumah makan Padang.

Alasan: Rerata makanan yang ditawarkan di sana berkalori tinggi lantaran cara memasak dan bumbu yang dipakainya. Sebagai gambaran, satu porsi nasi padang plus lauk bisa lebih dari 800 kalori.

Siasat: Jika ingin mengurangi asupan kalori, pilih ayam panggang dan bukan daging atau lauk yang digoreng. Kurangi bumbu dan kuah yang bersantan. Jika sambal ditumis, kandungan minyaknya juga akan mempertinggi kalori yang masuk. Sebagai patokan, 1 sendok teh minyak sama dengan 50 Kalori.

Kompensasi: Makan dengan nasi padang sama dengan menghabiskan jatah 2 kali makan. Jadi, jika makan siang sudah berkalori tinggi, sarapan dan makan malam jangan dilewatkan. Pilih makanan kaya serat yang rendah kalori tapi mengenyangkan, seperti sayur brokoli, bayam, sawi, wortel, apel, dan buah pir.

loading...
loading...