7 Manfaat Buah Bit yang Harus Anda Dapatkan
skeeze/pixabay

Banyak dari kita mengenal manfaat bit melalui informasi yang diberitakan dari mulut ke mulut. Biasanya, manfaat bit dihubungkan dengan kebutuhan untuk meningkatkan sel darah merah. Pendapat itu tidak salah. Tapi, tak hanya untuk meningkatkan produksi darah, bit ternyata mempunyai banyak manfaat lain.

Buah yang sebenarnya merupakan jenis salah satu sayuran atau umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah ini sangat kaya akan nutrisi, seperti kalium, magnesium, zat besi, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, karbohidrat, antioksidan, serat larut, dan terutama sekali folat atau Vitamin B9.

Menurut sebuah sumber, mengonsumsi setengah cangkir bit yang sudah dimasak mampu memenuhi 17 persen dari total 400 - 600 mikrogram asupan folat harian yang direkomendasikan.

Jadi, apa saja manfaat bit?

1. Meningkatkan energi.

Penelitian terbaru menemukan fakta bahwa jus bit lebih efektif mendongkrak energi dibanding kafein. Bahkan, diklaim bahwa kandungan nutrisi dalam bit mendekati asupan suplemen yang biasa dikonsumsi para atlet.

Menurut keterangan dr. Eva Kurniawati M. Gizi, Sp.GK, spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kalideres, Jakarta Barat, buah bit mengandung nitrat inorganik yang dalam proses pencernaan dikonversi menjadi nitrit untuk kemudian disimpan dan disirkulasi ke seluruh tubuh.

Dalam kondisi kadar oksigen rendah – seperti saat berolahraga, nitrit akan berubah menjadi nitrit oxide (NO) yang berperan membentuk otot, membantu peredaran darah, dan memperlancar pendistribusian glukosa serta kalsium ke seluruh tubuh.

 

2. Menyehatkan jantung dan tekanan darah.

Bit kaya akan nitrat. Dalam tubuh, zat ini akan berubah menjadi nitrit oksida yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Bahkan, ada bukti yang menunjukkan bahwa jus bit mampu mengurangi tekanan darah, walau hanya sedikit.

Selain itu, pigmen merah betacyanin dalam bit diduga memainkan peran dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

 

3. Meningkatkan kinerja otak.

Bit kaya akan nitrat. Nitrat atau nitrit membantu terbukanya pembuluh darah (memperlebar pembuluh darah), serta meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan oksigen.

Minum jus bit diduga mampu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga mampu mencegah kepikunan.

 

4. Mencegah diabetes.

Bit kaya akan senyawa antioksidan, yaitu asam alpha-lipoic, yang terbukti dapat menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin yang diproduksi oleh pankreas.

 

5. Mengurangi peradangan.

Oksidasi akibat polusi menyebabkan meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan peradangan jaringan sel. Bit mengandung kolin yang membantu mempertahankan struktur membran sel dari peradangan kronis.

 

6. Mencegah kanker.

Para peneliti percaya jika pigmen merah betacyanin dalam bit bisa melindungi tubuh dari berkembangnya sel kanker.

 

7. Kaya serat

Bit mengandung serat yang tinggi sehingga sangat berguna untuk membantu proses pencernaan makanan dan turut serta menurunkan kadar kolesterol.

 

loading...
loading...