Mengejutkan. Ternyata Ini Manfaat Diet Ketogenik
silviarita/pixabay

 

Pada 1994, diet ketogenik makin populer berkat film berjudul First Do No Harm yangberkisah tentang seorang anak yang pulih dari epilepsi berkat diet ketogenik.

Semenjak 2015 lalu. Banyak orang mengklaim berhasil menurunkan berat badan dengan diet ketogenik. Setelah makin banyak yang mencobanya, ternyata diketahui bahwa manfaat diet ketogenik tak hanya sekedar menurunkan berat.

Menurut salah satu ahli gizi klinis yang berperan “membawa” dan mengenalkan metode diet ini di Indonesia: dr. Ida Gunawan, MS, SpGk (K), spesialis gizi klinik (konsultan) dari RS Pondok Indah–Puri Indah, Jakarta Barat, ada banyak manfaat diet ketogenik bagi kesehatan secara menyeluruh.

 

 

#1. Menurunkan berat badan.

Jelas, diet ini cukup efektif dan memberi hasil cukup signifikan sebagai metode penurunan berat badan karena menggunakan lemak sebagai sumber energi.


#2. Mengontrol gula darah dan mencegah Diabetes

Rendahnya karbohidrat yang dikonsumsi akan mampu menurunkan level gula darah. Ini lebih efektif dibanding beberapa jenis diet rendah kalori lainnya. Lebih lanjut, diet ketogenik juga akan menjaga level insulin dalam tubuh Anda. Rendahnya level gula darah akan meminimalisir resistensi insulin dan mencegah terjadinya diabetes tipe 2.
 

 

#3. Meningkatkan daya konsentrasi.
Penggunaan keton sebagai sumber energi bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda. Tingginya asam lemak saat tubuh berada dalam kondisi ketosis bisa merangsang fungsi otak untuk bekerja lebih optimal.


 

#4. Menjaga kestabilan hormon.

Rendahnya level insulin berkat minimnya asupan makanan yang mengandung gula akan menjaga kinerja berbagai kelenjar pemroduksi hormon sehingga level produksi hormon tetap stabil.

 

Baca juga:

http://www.fitnessformen.co.id/article/8/2017/4402-Kupas-Tuntas-Diet-Ketogenik-Bareng-Pakar-Gizi

http://www.fitnessformen.co.id/article/8/2017/4404-Sebelum-Melakukan-Diet-Keto-Ini-yang-Wajib-Diketahui

loading...
loading...