Ini Dia CEO Perusahan yang Gemar Tinju dan Yoga
Foto: Istimewa

Mungkin banyak yang tidak menyangka jika Florian Holm, salah satu Co-CEO Lazada Indonesia, adalah pria yang menyukai olahraga, terutama yoga. Pria Jerman ini mulai mengenal yoga sekitar 5 - 6 tahun lalu. Hal tersebut berawal dari keinginannya mencari aktivitas fisik alternatif terkait problem nyeri punggung yang dialaminya.

Masalah pada punggungnya ini membuatnya harus ‘beristirahat’ dari sejumlah kegiatan olahraga yang sebelumnya ditekuni oleh ekspatriat yang akrab disapa dengan nama panggilan Flo ini, seperti bola basket, anggar, wakeboarding, dan beberapa lainnya.

Awalnya, Flo hanya sesekali berlatih yoga. Ternyata, aktivitas fisik baru ini membantunya meredakan masalah nyeri punggung yang dialaminya. Perkembangan positif terhadap problem yang dimilikinya tersebut memicu dirinya untuk berlatih yoga lebih rutin. Dan frekuensinya makin meningkat saat dirinya ditugaskan Lazada ke Indonesia.

“Saat ini, saya berlatih yoga dua kali seminggu. Kebetulan, saya mendapatkan pengajar yoga yang bagus. Aktivitas fisik ini membantu saya menghilangkan masalah nyeri punggung dan membantu memperbaiki postur tubuh,” aku lulusan Heidelberg University ini.

Selain menghilangkan masalah nyeri yang pernah menyiksa punggungnya, memperbaiki postur, dan membuat tubuh terasa nyaman, papar Flo, yoga membuatnya mempelajari teknik pernapasan dan meditasi. Semua ini menurutnya, membantunya menjaga pikirannya tetap sehat. “Dan hal paling penting, sekarang saya tidak memiliki masalah nyeri punggung lagi.”

Di yoga, Flo terus meningkatkan kemampuannya. Kini dirinya sedang intens berlatih power yoga. Ini adalah bentuk yoga yang memaksa Anda memaksimalkan pengerahan energi, membakar kalori lebih banyak, dan efektif membantu membangun otot.

“Makin sering melakukannya, saya merasa makin fun. Jika bisa melakukan sebuah gerakan dengan teknik yang sempurna, saya ingin melakukan gerakan lain dan mempraktekkan secara sempurna. Begitu seterusnya,” ujar Flo penggemar parfum Calvin Klein Summer ini.

 

Semangat Olahraga Petualangan

Setelah problem nyeri punggungnya berkurang, Flo kembali melakukan aktivitas yang sangat dinikmatinya. Salah satunya adalah hiking. Menurutnya, mendaki gunung membuatnya bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

Selama berada di Indonesia, setidaknya sudah dua puncak gunung yang didakinya. Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut adalah gunung pertama di Indonesia yang didakinya.

“Dari camp terakhir, kami – saya, beberapa teman, dan pemandu – berangkat dini hari mendaki puncak Mahameru melalui lintasan berpasir dan berbatu yang cukup terjal. Saat matahari terbit kami berada telah berada di puncak dan menikmati panorama yang luar biasa dari ketinggian,” papar Flo.

Tidak berhenti sampai di puncak, setelah mendapat izin dari pemandu, yang kemudian juga mengantarnya, Flo berjalan ke arah Jonggring Saloka untuk menikmati pemandangan lava dan letupan-letupan di kawah gunung Semeru tersebut. “Pemandangannya luar biasa,” ujarnya.

Flo juga mengaku menikmati perjalanannya ketika melakukan pendakian puncak Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter dari permukaan laut. Selain menyodorkan bentang alam dengan pemandangan menawan, jalur pendakian yang dilewati sangat menantang.

Indonesia, menurutnya, memiliki lokasi-lokasi dengan pemandangan yang mengagumkan. Sejumlah tempat telah dikunjunginya, dan masih banyak yang berada dalam daftar lokasi yang akan didatanginya. “Salah satunya, saya ingin mengunjungi Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur.”

 

Sehat Itu Dimulai dari Disiplin

Flo mengaku jarang tidur larut malam dan selalu bangun sepagi mungkin. Setelah membersihkan diri, dirinya mengawali hari dengan berolahraga – berlari, berenang, atau berlatih yoga.

“Saya tipikal orang yang berusaha semaksimal mungkin untuk memulai rutinitas sepagi mungkin. Karena itu saya jarang tidur larut malam,” ungkap Flo.

Lari adalah aktivitas fisik yang dilakukannya paling rutin. Apalagi saat ini Flo mengaku sedang mepersiapkan diri menghadapi Bromo Marathon 2017 yang berlangsung di kawasan penyangga Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Biasanya Flo melakukan rutinitas ini bersama mitra latihannya.

Selain lari dan yoga, olahraga lainnya yang dilakukan Flo adalah berenang. Minimal satu kali tiap minggu ia melakukannya. Di akhir pekan, olahraga yang dilakukannya sangat tergantung pada situasi dan kondisi. Tidak jarang Flo juga berlatih tinju.

Olahraga, kata Flo, membantu membuat tubuh segar dan pikiran selalu jernih. Menurutnya, aktivitas fisik sangat membantu dirinya keluar dari tekanan pekerjaan yang membebaninya. Dan ini, pada akhirnya, membuatnya makin produktif ketika bekerja.

Namun, lanjutnya, membangun rutinitas berolahraga bukan hal yang mudah. Butuh komitmen dan disiplin untuk melakukannya.

“Pada awalnya memang berat untuk memulai rutinitas baru. Tetapi setelah Anda merasakan manfaat dan hasilnya, akan lebih mudah melakukannya. Anda hanya perlu mendorong diri lebih keras. Saat melakukannya mungkin terasa melelahkan. Tetapi setelahnya, tubuh terasa lebih segar dan pikiran makin jernih.

 

Baca juga:

http://www.fitnessformen.co.id/article/8/2017/4378-Inspiratif-CEO-Ini-Tak-Gengsi-Naik-Ojek

loading...
loading...