Olahraga Panahan Bisa untuk Semua Umur, Benarkah?
(Foto: Dok. FFM)

Olahraga panahan saat ini mulai digandrungi masyarakat, baik dari muda sampai tua. Hal itu karena olahraga ini mempunyai beragam manfaat kesehatan dan terbilang sangat seru.

 

Tetapi, ada beberapa hal yang perlu diketahui dari olahraga panahan, agar bisa berolahraga dengan nyaman . Apa sajakah itu, berikut ini kami ulas serba-serbi dari olahraga panahan sebagai obrolan kami dengan Defrizal Sirega, Indonesia Archery School Program di kawasan Beji.

 

 

>> Adakah level dalam olahraga panahan?

Tentu ada. Level pertama jaraknya dari 5 - 10 meter. Untuk level 2, jaraknya sejauh 15 meter, level 3 sejauh 18 meter dengan lebar bulatan sasaran target 40 cm. Terakhir, level 4 tetap sejauh 18 meter, tapi diameter sasaran hanya 20 centimeter.

 

>> Apakah ada teknik menarik string?

Ada. Secara garis besar, teknik tarikan dibagi menjadi dua, yaitu tarikan berat dan tarikan ringan. Tarikan ringan ialah gaya menarik string untuk melepaskan anak panah dengan tenaga normal. Sedangkan, tarikan berat ialah tarikan dengan sekuat tenaga hingga tangan yang digunakan untuk menarik berada di belakang leher. Ini berguna agar daya lesat kian mantap, sehingga gangguan angin – yang sering mengubah laju anak panah – jadi tereduksi. Biasanya, tarikan berat ini digunakan untuk melontarkan anak panahnya yang lebih berat dan jarak yang lebih jauh.

 

>> Amankah olahraga ini?

Relatif aman. Jika dilakukan secara benar, olahraga panahan aman dan bisa dilakukan oleh semua level umur. Prinsipnya, ketahuilah tekniknya secara benar dan lakukan dengan hati-hati serta waspada karena olahraga ini termasuk olahraga berbahaya. Posisikan diri Anda dengan baik dan tenang saat di lapangan, terutama saat sudah menarik busur. Archery is for all.

 

loading...
loading...