Malas Sikat Gigi Menimbulkan Penyakit?
Foto: pexels.com

Apakah Anda sudah gosok gigi minimal dua kali sehari, pagi dan malam (sebelum tidur), seperti yang telah sering dianjurkan? Kalau gosok gigi di pagi hari Anda pasti tidak pernah lupa melakukannya.

Siapa sih yang mau datang ke kantor dengan bau mulut yang membuat siapa pun enggan berdekatan dengan Anda? Namun, berbeda saat malam hari, Anda mungkin cenderung malas untuk menggosok gigi sebelum tidur.

Menyikat gigi di malam hari sebelum tidur sangatlah penting karena perkembangbiakan kuman meningkat dua kali lebih tinggi pada malam hari. Kuman akan mengeluarkan asam lebih banyak di malam hari karena berkurangnya air liur di malam hari membuatnya beraksi dengan leluasa.

Sering absen menyikat gigi, baik pada pagi maupun malam hari, dapat mempermudah terciptanya infeksi dan gigi berlubang. Berdasarkan penelitian, penyebab infeksi pada gigi serupa dengan bakteri penyebab infeksi katup jantung.

Gigi yang terinfeksi akan mengeluarkan gas, dan apabila terus didiamkan bakteri streptococcus yang berada di dalamnya akan bergerak mengikuti aliran darah. Bakteri ini bisa masuk ke dalam organ tubuh yang vital, seperti jantung, ginjal maupun paru-paru.

Selain itu, kuman yang menumpuk ini juga sumber penyebab lubang pada gigi yang jika terus dibiarkan akan menyebabkan infeksi. Infeksi ini menjadi faktor risiko bagi banyak gangguan kesehatan yang sistemik dan kronis, seperti inflamasi katup jantung, radang sendi, alergi, kelahiran prematur sampai kanker.

Data badan kesehatan WHO Oral Health Media Centre, April 2012, menyebutkan hampir semua orang mengalami gigi berlubang rata-rata dua gigi. Semakin seseorang bertambah umur maka semakin banyak pula jumlah gigi berlubangnya.

Dalam lingkup nasional, data mengenai kesehatan gigi orang Indonesia memperlihatkan 70-80 persen masyarakat mengalami gigi berlubang.

Jadi, untuk mencegah hal ini, pastikan Anda menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Dan waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah di pagi hari setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Dalam waktu 4 jam, bakteri mulai bercampur dengan makanan dan membentuk plak gigi.

Menyikat gigi setelah makan bertujuan untuk menghambat proses ini. Lebih baik lagi, jika Anda juga sikat gigi setelah makan siang atau minimal berkumur air putih setiap habis makan.

Narasumber: drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS, Ketua Umum PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) 

 

loading...
loading...