Tips Tidur Siang di Kantor
Foto: Dok. FFM

Menurut dr. Andreas Prasadja RPSGT, dokter spesialis terapi tidur yang berpraktek di RS Mitra Kemayoran Jakarta, jalan terbaik untuk mencapai produktivitas yang optimal adalah dengan meletakkan kesehatan tidur sebagai salah satu prioritas Anda. Jadi kalau Anda terlalu lelah dan terpaksa tidur di atas meja kerja, lakukan saja! 

Tidur siang dengan durasi singkat mungkin dapat mengembalikan energi Anda ke level puncak. Selain efek positif yang akan Anda rasakan, bos Anda juga tidak akan sadar bahwa Anda sempat “menghilang” untuk tidur siang. Periksa rumus tidur singkat berikut ini.

1. Nano-Nap: 10 sampai 20 detik, belum ada bukti ilmiah apakah tidur dengan durasi sesingkat ini efektif menghilangkan kantuk. Namun Anda pasti sudah sering mengalaminya namun hal ini sering terjadi di kantor atau dalam perjalanan (di bus/kereta).

2. Micro-Nap: Secara mengejutkan terbukti dapat menghilangkan rasa kantuk. Biasanya durasi Micro-Nap adalah 2-5 menit.

3. Mini-Nap: Tidur dengan durasi 5 sampai 20 menit ini terbukti dapat meningkatkan stamina, kesigapan, dan kinerja motorik yang menurun selama Anda bekerja.

4. Original Power-Nap: Durasinya adalah 20 menit, namun efektifitasnya tidak diragukan lagi. Tidak hanya mengusir kantuk, tidur siang selama 20 menit dapat mengembalikan ketajaman daya ingat Anda.

loading...
loading...