Makanan Berikut Dapat Mengontrol Berat Badan Anda
Foto: pexels.com

Jika ingin mengontrol berat badan, Anda harus mengendalikan nafsu makan. Bukan berarti Anda harus menahan lapar. Itu sama sekali tidak benar. Segala sesuatu yang terlalu dikekang akhirnya akan lepas secara liar. Prinsipnya adalah pengendalian, bukan pengekangan.

Artinya, Anda tetap harus makan secara teratur. Tapi lakukanlah dengan cerdas. Pilih makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama, memasok jumlah energi yang cukup dan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Ya, betul. Beberapa makanan dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama dari makanan lain – membantu Anda mengontrol nafsu makan Anda. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih makanan tinggi serat, mengandung protein dan lemak sehat serta kadar air yang tinggi, saran dr. Inge Permadhi, MS, SpGK dari RS. Cipto Mangunkusumo. Butuh contoh? Kami beri sepuluh! Keuntungan tambahan dari rekomendasi kami di bawah ini adalah rata-rata mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

1. Apel

Satu buah apel ukuran sedang mengandung 4 gram serat, dan sebagian besar merupakan pectin, yaitu jenis serat larut yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat larut ini berfungsi memblokir penyerapan kolesterol sehingga tubuh Anda dapat menggunakannya untuk menjalankan fungsi-fungsi organ tubuh, bukan menyimpannya.

“Karena kandungan seratnya yang tinggi, makan apel akan membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama tanpa harus mengonsumsi terlalu banyak kalori. Itu karena serat memerlukan waktu lama untuk dicerna tubuh dan apel memiliki serat kompleks yang sulit tercerna. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi serat minimal 25-40 gram per hari,” jelas dr. Inge.

Sebelum Anda makan, cuci sampai bersih dan jangan kupas kulitnya. Kulit apel memiliki kandungan serat yang tinggi – terlalu sayang untuk dibuang begitu saja. Selain itu, kulit apel juga mengandung ursolic acid yang diyakini dapat menurunkan risiko obesitas dan meningkatkan pembakaran kalori dan fungsi otot.

2. Almond

Almond mengandung magnesium yang dapat membantu mengatasi gangguan tidur dan membuat otot lebih relaks. Manfaat lainnya adalah kandungan protein pada almond juga dapat membantu menjaga stabilitas gula darah. Itu membuat almond jadi pilihan camilan yang sempuran. Hindari kacang almond yang sudah dibumbui dengan banyak garam atau diolah dalam bentuk makanan manis – itu akan membuat semua kelebihan makanan ini kurang berarti.

3. Blueberry

Blueberry merupakan makanan berindeks glikemik rendah – jenis makanan dengan indeks yang baik untuk pengendalian gula darah, khususnya bagi penderita diabetes. Buah ini juga berserat tinggi. “Dan polyphenol yang ditemukan di dalamnya berkhasiat menurunkan lemak berlebih sekitar perut dan mengurangi masalah pada metabolisme tubuh,” kata dr. Inge.

4. Bayam

Satu cangkir bayam hanya mengandung 41 kalori. Bayam mengandung glutathione, alpha lipoic acid, dan serat yang secara keseluruhan membuat makanan ini ampuh mengikat kolesterol jahat (LDL) dan membawanya ke luar tubuh.

5. Kacang merah

Kacang merah juga mengandung protein rendah lemak yang jarang ditemukan pada makanan lainnya, serta mengandung potasium serta magnesium.

6. Brokoli

Satu porsi brokoli hanya mengandung 25 kalori. “Tapi kaya akan vitamin C, serta merupakan sumper terbaik vitamin A, potasium dan folat,” kata dr. Inge. Dengan kandungan seperti itu, brokoli merupakan sayuran sumber serat yang ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat. Untuk mendapatkan hasil terbaik jangan masak terlalu matang.

7. Ubi

Ubi jalar kaya akan karbohidrat kompleks yang memberi Anda pasokan energi jangka panjang – dilepaskan secara bertahap. Bahkan, bila dimakan bersama kulitnya, ubi jalar rebus mengandung lebih banyak serat dibanding oatmeal. Kalorinya? Hanya 130-160.

8. Salmon

Keunggulan terpenting pada salmon adalah kandungan asam lemak Omega 3 di dalamnya. “Asam lemak ini pintar mengatur tubuh agar aktif membakar kelebihan lemak,” kata dr. Inge. Hebatnya lagi, asam ini juga memicu produksi leptin, hormon yang mengirim rasa kenyang ke otak. Dengan begitu, Anda jadi tak makan berlebihan. Salmon juga memberi asupan protein yang baik bagi massa otot.

9. Gandum

Tentu saja, kami yakin, ini adalah makanan yang sudah bertahun-tahun berada di peringkat atas diet favorit Anda. Tentu sudah banyak yang mengetahui mengapa gandum menduduki peringkat teratas daftar makanan sehat. Gandum utuh adalah makanan sehat kaya serat. Serat padat inilah akan membuat Anda merasa kenyang, meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak.

10. Kedelai

Kedelai mengandung protein dan genistein, isoflavon yang membantu meningkatkan pembakaran lemak, menekan rasa lapar, dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh.

 

Baca juga artikel:

Bolehkah Mengonsumsi Dessert saat Diet

Ini Alasan Kenapa Anda Wajib Sarapan

 

loading...
loading...