Perawatan Wajib Rambut dan Kulit Kepala Berminyak
Foto: Pixabay

 

Kebanyakan pria mempunyai tipe rambut berminyak. Hal ini disebabkan karena kulit pria cenderung mempunyai pori-pori yang lebih lebar dibanding pada wanita. Akibatnya, cairan sebum atau minyak pada kulit lebih mudah keluar.

 

Produksi minyak pada kulit kepala memang merupakan hal yang wajar. Di satu sisi, hal itu berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit kepala. Namun, di lain sisi, produksi minyak – apalagi berlebihan – akan membuat kulit kepala cepat kotor karena debu mudah menempel.

 

Tak hanya itu, minyak di kulit kepala akan bercampur dengan kotoran dan bakteri sehingga menimbulkan ketombe. Ketombe yang berlebihan tentu akan sangat mengganggu karena selain memunculkan rasa gatal, juga akan mengurangi rasa percaya diri Anda.

 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan bagi Anda yang mempunyai tipe kulit kepala berminyak.

 

  1. Hindari kebiasaan memegang atau menggaruk kepala.

 

Kebiasaan ini akan memicu folikel-folikel pada kulit kepala Anda untuk memproduksi minyak atau sebum. Selain itu, kebiasaan ini juga sama saja memindahkan kotoran dan kuman yang ada di tangan ke kulit kepala Anda.

 

  1. Kurangi frekuensi menggunakan kondisioner.

Menurut Dr. Rene Rust, pakar rambut dan peneliti dari Procter & Gamble, menggunakan produk pelembap rambut yang berlebihan justru akan membuat rambut makin berminyak. Gunakan pelembap saat rambut Anda mulai terasa kering dan aplikasikan hanya pada batang rambut, jangan sampai mengenai akar rambut.

 

  1. Pilih produk perawatan rambut yang tepat.

Saat ini banyak produk perawatan rambut yang tersedia di pasaran, seperti wax atau pomade. Pilih produk yang “ringan” dan tidak meninggalkan bekas pada rambut. Jika Anda terbiasa menggunakan pomade, gunakan yang waterbase karena lebih mudah dibersihkan.

 

  1. Hindari menggunakan produk perawatan rambut yang menggunakan silikon.

Silikon – biasanya dalam senyawa dimethicone - yang kerap ditambahkan pada produk sampo atau perawatan rambut yang lain bertujuan membuat rambut lebih halus dan lembut. Sayangnya, bahan ini justru membuat rambut jadi lebih terlihat berminyak.

 

  1. Gunakan pewangi rambut.

Tak hanya akan membuat rambut lebih berminyak dan ketombe, tumpukan minyak di kulit kepala juga berpotensi menimbulkan aroma yang tak sedap. Untuk mengurangi aroma itu, Anda bisa menggunakan produk pewangi rambut dalam bentuk semprotan yang kini banyak dijual di pasaran. Pilih produk yang selain membuat wangi juga dapat berfungsi menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala.

loading...
loading...