Hindari Cedera Tangan saat Bersepeda


  • Hindari Cedera Tangan saat Bersepeda


    Banyak di antara para pesepeda, baik pemula maupun profesional, berasumsi bahwa ada sedikit rasa tidak nyaman di bagian pergelangan tangan adalah hal yang biasa. Namun rasa tidak nyaman itu bisa saja menjadi akar dari masalah yang lebih besar.

    Mungkin Anda menganggap kesemutan atau kedutan pada bagian tangan adalah hal yang lumrah. Namun jika setiap selesai bersepeda Anda merasakan sakit di pergelangan tangan, waktunya untuk fokus pada penanggulangan cedera sebelum hal yang lebih buruk terjadi. Kali ini Greg Robidoux, ahli terapi fisik yang juga Founder dari The Cycling PT yang berkantor di Massachusetts, Amerika Serikat, akan memberikan tips untuk memberikan kenyamanan yang lebih saat bersepeda.

    1. Atur sepeda sesuai kenyamanan

    “Bukanlah hal yang aneh jika Anda merasakan ketidaknyamanan bahkan hingga kesemutan saat perjalanan jauh, terutama jika sepeda tidak diatur sesuai dengan kenyamanan Anda,” ujar Robidoux. “Penyetelan sepeda adalah isu utama pada cedera tangan dan kesemutan karena adanya tekanan yang berlebihan pada tangan.”

    Menurutnya, banyak juga mekanik sepeda hanya meninggikan handlebar untuk menghilangkan tekanan, namun hal itu tidak selalu bekerja. Terkadang, Anda harus melakukan penyetelan lain seperti meninggikan jok sedikit atau bahkan mengganti jok Anda. Pengaturan sepeda kadang menjadi sumber rasa sakit bagi para pesepeda, kata Robidoux.

    2. Perhatikan posisi pergantian gigi

    Anda dianjurkan untuk memperhatikan posisi pergantian gigi. Bahkan jika Anda sudah mendapatkan posisi sepeda yang nyaman, posisi pergantian gigi yang kurang tepat akan menyebabkan pergelangan tangan Anda berada posisi yang kurang nyaman ketika menggapainya.

    Menurut Robidoux, posisi yang tepat seharusnya berada sejajar dengan lengan bawah sehingga ketika Anda hendak menggunakan rem, Anda hanya perlu menggerakan jari, tanpa perlu memutar pergelangan tangan ketika mengerem. “Posisi tuas harus dapat dengan mudah diraih,” ujarnya.

    3. Pilih handgrip yang layak

    Jangan remehkan pentingnya masalah genggaman. Saat bersepeda, Anda akan selalu bersentuhan dengan handgrip Anda. Karenanya, penting jika genggaman Anda terasa nyaman selama bersepeda. Artinya, Anda mungkin bisa berpikir untuk membeli sepasang handgrip baru untuk sepeda Anda, jika handgrip lama Anda terasa kurang nyaman.

    Handgrip yang baik akan membantu pesepeda sebanyak mungkin tanpa terganggu dengan kebebasan bergerak. Anda mungkin bisa memilih handgrip dengan tekstur yang lembut untuk mengurangi guncangan saat jalanan berbatu.

    4. Posisi tangan yang berpindah-pindah

    Setelah beberapa lama, tangan mungkin akan terasa kesemutan atau keram saat bersepeda. Cara terbaik untuk menghalangi hal ini terjadi sebetulnya sederhana: Jangan diam di satu tempat. Jika tangan Anda berada di posisi yang sama sepanjang jalan, Anda akan memberikan tekanan pada satu titik saja. Anda akan meningkatkan aliran darah dan mencegah rasa sakit jika Anda secara berkala ganti posisi.

    5. Coba lihat lingkungan Anda

    Boleh jadi, sepeda Anda bukan satu-satunya penyebab pergelangan Anda terasa sakit. Para pekerja kantoran memiliki risiko yang cukup besar terkena carpal tunnel syndrome. Anda disarankan untuk memastikan kondisi tempat kerja Anda ergonomis, seperti kursi kerja, tinggi meja, posisi tangan Anda saat mengetik, dan posisi layar monitor. Tidak hanya hal tersebut menghindari inflamasi yang terjadi akibat tekanan berlebih pada tangan Anda, hal tersebut juga akan menghindari Anda dari sakit punggung.

     

    Baca juga artikel:

    Bersepeda Lintas Alam

    Hindari 5 Hal Ini Setelah Bersepeda

    Kayuh Pedal, Bakar Lemak


    TAG : sepeda, kesemutan, cedera tangan, kesehatan, kardio,