Tetap Aktif di Depan Komputer
(Foto :Foto: Andrey_Popov/Shutterstock/Click Photos

Kurangnya aktivitas fisik, terutama bila duduk bekerja selama berjam-jam di depan komputer, membuat Anda rentan mengalami obesitas. Berikut kiat-kiat sederhana agar pekerja kantoran yang menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan komputer masih tetap bisa aktif.

> Setiap duduk selama 3 jam, usahakan untuk melakukan peregangan selama tiga menit. Caranya, angkat lengan ke atas semaksimal mungkin dengan menyatukan ruas jari kedua tangan. Ingat ya, kalau peregangan kita lakukan dengan benar, itu akan ada rasa tidak nyaman. Setelah diangkat ke atas, gerakkan lengan kiri dan ke kanan.

> Setelah meregangkan lengan, angkat salah tungkai dengan arah mendekati perut dan tahan selama beberapa detik. Kemudian, tumpangkan kaki kiri ke paha kanan, lalu tekan di bagian lutut. Lakukan hal yang sama pada kaki kanan.

> Untuk meregangkan otot paha bagian belakang, luruskan kaki ke depan dengan posisi badan agak condong dan sebisa mungkin sentuh jari kaki. Lakukan gerakan itu dalam 10-15 hitungan..

Cara alternatif lainnya supaya kita lebih aktif adalah dengan 'memaksa' tubuh agar lebih aktif, misalnya parkir mobil lebih jauh, membeli makan siang dengan berjalan kaki sendiri - tidak menyuruh office boy, dan meminimalisir penggunaan lift. Selain itu, manfaatkan cara lama untuk berkomunikasi, yaitu adalah jika ada keperluan dengan teman satu divisi atau lain divisi, hampiri saja dan berkomunikasilah secara langsung, tidak lewat telepon.

Jika memungkinkan, tak ada salahnya sesekali kantor menerapkan walking meeting, yakni meeting sambil jalan ke suatu tempat sehingga tidak hanya duduk diam di ruang rapat. Dengan cara yang kreatif ini, Anda akan lebih tertantang untuk menjalani pola hidup aktif. Atau, bisa juga sebuah kantor membuat beragam kegiatan menarik yang berhubungan dengan kesehatan, seperti kompetisi body composition, fitness competition, cycling wednesday, intervensi nutrisi, fruit friday, atau kegiatan aktif lainnya. Banyak cara menyenangkan untuk menjalani pola hidup sehat. Intinya, dengan hidup aktif, pekerja kantoran pun tetap bisa melakukan aktivitas fisik.

 

Kontributor: dr. Andi Kurniawan Sp.KO , Dokter spesialis kedokteran olahraga yang juga menjadi Ketua ISMC (Indonesia Sports Medicine Center)

loading...
loading...