Kemeriahan Konimex Run For Health
Foto: Jordhi Farhansyah

Sebanyak sekitar 2.500 peserta telah berkumpul sejak jam 4 pagi di kawasan Sentra Niaga, Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (14/7) lalu. Mereka berkumpul untuk mengikuti Konimex Run For Health. Ajang lari ini merupakan rangkaian untuk memperingati ulang tahun ke-50 PT Konimex yang terdiri dari beberapa kategori, yaitu Kids Fun Run, 5K, 10K, dan 21K atau half marathon. Khusus kategori half marathon merupakan pertama kalinya diadakan di Sukoharjo.

Dalam konferensi pers yang dilaksanakan sehari sebelumnya, Direktur PT Konimex Rachmadi Joesoef mengatakan bahwa acara diadakan untuk mendukung program Proyek Sanitasi Sekolah guna membangun sanitasi yang layak di beberapa sekolah dasar di Sukoharjo. Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo karena sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Semakin banyak peserta yang ikut, akan semakin banyak pula sanitasi yang akan dibangun maupun diperbaiki.

“Oleh sebab itu, partisipasi dari seluruh masyarakat dalam acara Run For Health ini sangat berarti bagi kami. Dan (acara) ini bukan hanya menyehatkan, tapi juga kita turut berkontribusi untuk menyukseskan program Proyek Sanitasi Sekolah,” lanjut Rachmadi saat konferensi pers di Hotel Alila Solo, Sabtu (13/5/2017) lalu.

Sementara itu, Tri Tuti Rahayu SKM. M.Kes, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo menambahkan bahwa GERMAS ini merupakan suatu upaya agar masyarakat menjadi keluarga yang sehat.

“Kami melihat bahwa rangkaian acara PT Konimex ini sejalan dengan dua dari tujuh kegiatan yang ada dalam GERMAS, yaitu melakukan aktivitas fisik dan menggunakan jamban. Besar harapan kami, melalui hal ini, masyarakat Sukoharjo dapat lebih membudayakan pola hidup sehat,” ujarnya melanjutkan.

Tepat jam 5 pagi, Bupati Sukoharjo, H. Wardoyo Wijaya, SH, MH, mengibarkan bendera startsebagai tanda dimulainya lomba. Peserta half marathonmemulai lomba lebih awal, disusul kategori 10K 15 menit kemudian, dan kategori 5K 15 menit setelahnya. Terakhir, kategori untuk anak-anak, Kids Fun Run, dimulai pada jam 8 pagi.

Para peserta melewati rute lari yang dihiasi dengan pemandangan indah Sukoharjo. Khusus untuk para peserta di kategori 21K, mereka berkesempatan menikmati pemandangan pegunungan di kejauhan, deretan pepohonan rindang, serta area persawahan. Mereka juga dihibur oleh beberapa warga Sukoharjo yang senantiasa memberi mereka semangat di sepanjang jalan.

Di antara para peserta yang ikut, hadir Fajar Arifan, seorang musisi dari grup band Alexa yang sukses menjadi finisherdi kategori 21K dan juga Dedeh Erawati, atlet lari gawang nasional yang berhasil finishdi kategori 5K

loading...
loading...