Redakan Nyeri dengan Omega-3
Syda Productions/shutterstock/clickphotos

Berbicara tentang Omega-3, berarti Anda berbicara tentang nutrisi penjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, dan melancarkan perkembangan otak, Omega-3 juga mampu menjaga kesehatan sendi. Lebih tepatnya, sebagai pereda nyeri.

Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial, esensial artinya tidak dapat dibentuk oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan sehari-hari. Asam lemak esensial diperlukan dalam pembentukan membran sel, sistem imun dan berbagai substansi kimia yang penting bagi tubuh.

Asam lemak omega 3 dapat berupa EPA (asam eikosapentaenoat) dan DHA (asam dokoheksaenoat) yang banyak ditemukan dalam ikan laut dalam seperti salmon, tuna, sarden, mackerel. Sumber asam lemak omega 3 lainnya antara lain: minyak kanola, minyak kedelai, dan kacang walnut. 

Fungsi asam lemak omega 3 adalah  untuk pembentukan substansi kimia tubuh yang berperan dalam menurunkan pembekuan darah dan mengurangi reaksi radang. Oleh karena itu asam lemak omega 3 dapat bermanfaat mengurangi proses peradangan, diantaranya adalah peradangan sendi. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan dan kekakuan sendi pada penderita osteoarthritis dan arthritis reumatik.

Kebutuhan asam lemak omega 3 dapat dengan mudah dipenuhi dengan makan ikan setidaknya dua porsi dalam seminggu atau 2-4 sendok makan minyak nabati setiap harinya.

Kekurangan asam lemak omega 3 jarang terjadi, gejalanya adalah kulit pecah-pecah, diare dan penyembuhan luka yang lambat.

Jika Anda seorang vegetarian, Anda bisa memperoleh beberapa manfaat Omega-3 dari sumber nabati seperti minyak biji rami, serta kacang-kacangan seperti kenari. Lebih praktis lagi, Anda juga bisa mengasup Omega-3 melalui suplementasi Omega-3 yang kini banyak tersedia di pasaran.

Suplementasi minyak ikan dapat diberikan untuk orang yang alergi terhadap ikan, atau penderita peradangan sendi, dengan dosis 1 gram asam lemak omega 3 per hari. Meski demikian penggunaan suplementasi minyak ikan pada orang yang mengkonsumsi obat pengencer darah harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, karena akan meningkatkan risiko perdarahan.

* Kontributor: dr. Grace Puspasari, M. Gizi, ahli gizi dan dosen di Universitas Maranatha, Bandung.

loading...
loading...