Makanan Penambah Otot
Foto: Thinkstock

Setelah berolahraga, Anda membutuhkan asupan nutrisi. Ini penting untuk mencukupi kebutuhan energi tubuh setelah berolahraga. Setelah berolahraga, sistem metabolisme tubuh masih berjalan dengan cepat. Setelah olahraga, glikogen yang merupakan isi dari otot akan menghilang dan perlu diganti dengan yang baru. Karenanya, asupan makanan yang baik setelah olahraga mampu mengganti isi dari otot yang sudah terbakar sebagai energi.

Saat-saat yang paling penting untuk pembentukan otot adalah satu jam pertama setelah olahraga. Karenanya, satu jam setelah olahraga merupakan waktu yang paling tepat untuk memberi asupan pengganti yang terbaik. Untuk membangun kembali otot, tubuh membutuhkan asupan karbohidrat dan protein yang baik, pilih konsumsi makanan, sepeti karbohidrat kompleks serta kombinasi protein, serat, dan lemak yang sehat. Makanan-makanan ini bisa menjadi suplay energi dan mengganti masa otot.

Dr. dr Inge Permadhi MS, SpGK, dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan, meskipun sedang diet dan usai berolahraga, Anda tetap harus makan. "Anda tetap harus menjaga nutrisi dan memberi makan tubuh serta otot setelah melakukakan latihan," ungkapnya.

Pun demikian, makanan yang boleh dikonsumsi setelah berolahraga bukan makanan sembarangan. Apa sajakah makanan yang boleh dikonsumsi tersebut?

> Telur
Telur merupakan jenis makanan yang sangat ideal untuk disantap setelah olah raga. Seperti yang diketahui, telur merupakan sumber ideal untuk menambah protein dan lemak baik. Maka mengkonsumsi telur sangat baik setelah bahkan sebelum berolah raga. “Namun bagi Anda yang ingin menjaga level kolesterol Anda, tentu saja lebih baik jika Anda mengkonsumsi putih telurnya saja,” ujar Dr. Inge.

Saat tubuh kita dalam keadaan lelah setelah berolah raga, asupan protein yang bisa kita dapat dari telur akan bekerja maksimal dan menjadi nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Terlebih lagi bagi Anda yang mempunyai misi membesarkan massa otot. Tapi, hindari cara pengolahan telur dengan digoreng!

> Kombinasi Whey protein dan buah pisang
Sebagian besar dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa whey protein sangat membantu dalam memberikan makanan pada otot. Namun, karbohidrat tetap dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menjaga berat badan agar tetap stabil, maka Anda boleh menggantikan asupan nasi dengan buah pisang. “Pisang mengandung karbohidrat yang jumlahnya jauh lebih sedikit ketimbang nasi. Dengan demikian Anda bisa tetap mendapatkan asupan karbohidrat tanpa merasa takut akan gemuk,” ungkap Dr. Inge.

> Kombinasi selai kacang dan roti gandum
Sedang merasa lapar, selai kacang dan roti gandum bisa menjadi solusi yang tepat apabila Anda tidak menyukai pisang. Selai kacang juga kaya akan protein, serat, dan lemak tak jenuh tunggal, sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama, menyehatkan sistem pencernaan, dan tidak membuat berat badan bertambah. Sedangkan, roti berbahan dasar gandum memiliki lebih banyak gizi dan lebih rendah kalori ketimbang roti tepung biasa, sehingga bila dikombinasikan dengan olesan selai kacang di atasnya, maka Anda bisa mendapatkan manfaat ganda.

> Yoghurt dan buah berries
Untuk membuat otot lebih kuat dan besar, Anda tak bisa mengesampingkan kebutuhan akan protein. Selain dua menu di atas, Anda bisa mengonsumsi kombinasi yoghurt dan buah berries yang kaya antioksidan. Kebutuhan protein dan karbohidrat serta tambahan vitamin, tercukupi. Fungsi utama yogurt adalah menjaga kesehatan tulang. Sehingga risiko cedera patah tulang akibat aktivitas fisik pun bisa dikurangi. Sedangkan buah berry yang kaya akan antioksidan ini akan meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga iramanya tetap baik setelah berolahraga dan juga dapat memulihkan tubuh yang lelah.

> Tuna dan nasi merah
Jenis makananlainnya yangpenting disantap setelah olahragaadalah tuna, nasi merah, dan sayuran. Tuna memberi protein bagi tubuh, niacin, vitamin B-6, dan vitamin B-12. Nasi merah akan memberi serat dan karbohidrat, dan sayuran bisa memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan yangbisa memulihkan otot tubuh.

loading...
loading...