Makin Bugar dengan Pilates


  • Makin Bugar dengan Pilates


    Banyak dari kita - para pria - memilih untuk tidak melakukan olahraga pilates karena beranggapan bahwa olahraga ini identik dengan para wanita. Seratus persen anggapan itu adalah salah. Bahkan, olahraga ini justru dirintis oleh seorang pria bernama Joseph Pilates sebagai sarana pelatihan bagi para atlet elit, baik pria maupun wanita, selama lebih dari 5 dasawarsa lalu.

    Pilates adalah latihan untuk melatih kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, pengembangan pola pergerakan yang efisien. Semua kegunaan dari pelatihan pilates tersebut sangat relevan dengan apa yang ingin didapatkan oleh seorang pria. Bahkan, beberapa gerakannya dapat menggantikan latihan angkat beban. Selain itu, pilates banyak melatih otot-otot perut, tulang pelvic (antara tulang panggul dan tulang ekor), tulang rusuk, tulang belikat, serta kepala dan tulang leher. Otot-otot tersebut yang biasanya jarang dijadikan fokus pada latihan senam biasa.

    Tak hanya itu, pilates juga dapat memperbaiki postur tubuh yang buruk, yang biasanya terjadi karena sebagai pria, kita sering mengangkat beban yang terlalu berat, duduk di depan komputer berjam-jam atau juga menyetir untuk menempuh perjalanan pulang dan pergi ke kantor.

    Postur tubuh yang buruk bisa menyebabkan berbagai gangguan, mulai dari nyeri bahu hingga punggung. Menjaga agar garis tulang belakang lurus sesuai anatominya merupakan dasar dari latihan pilates. Latihan ini juga bertujuan menjaga lengkungan alami tulang belakang, menguatkan otot-otot pendukung di sekitar punggung.

    Salah satu hal yang dapat menarik ketertarikan melakukan pilates adalah latihan ini dapat membantu mengencangkan otot perut dan efektif untuk membentuk perut six-pack. Fokus utama latihan pilates adalah daerah perut, terutama otot perut atas dan bawah.

    Ada beberapa latihan yang dapat membantu seorang pria untuk mendapatkan perut six pack-nya. Lakukan gerakan Thunder dengan cara berbaring telentang di atas matras. Angkat kedua kaki ke atas dan angkat kedua lengan setinggi 15 cm dari lantai dengan posisi kepala menghadap atas dan jangan menempel pada lantai, posisi kaki tetap di atas lakukan gerakan naik turun pada kedua lengan dengan irama cepat sebanyak 100 kali. Kembali ke posisi semula, istirahat beberapa saat dan ulangi.

    Kemudian lakukan gerakan Teaser. Berbaring telentang dengan posisi kaki lurus dan kedua tangan lurus di atas kepala. Angkat kedua tangan, kaki dan tubuh Anda ke atas sehingga tubuh bertumpu pada pinggul, buang napas saat mengangkat kedua tangan, kaki dan tubuh, hembuskan napas saat kembali ke posisi semula. Ulangi hingga beberapa repetisi.

    Tahap lainnya adalah melakukan gerakan One leg stretch dengan berbaring telentang di atas matras, kemudian tekuk kaki kiri Anda ke arah dada. Kedua tangan memegang lutut dan tulang kering kaki kiri. Angkat kepala hingga Anda bisa melihat ke depan. Lalu, secara bergantian tekuk kaki kanan Anda dan luruskan kaki kiri. Lakukan pergantian kaki dalam intensitas sedang hingga cepat.

    Anda bisa lakukan latihan ini sebanyak 3-5 kali seminggu. Imbangi dengan pola makan rendah kalori dan tinggi protein agar perut sixpack datang lebih cepat. Melakukan olahraga seperti pilates juga tidak hanya menguntungkan fisik tapi juga jiwa secara menyeluruh.

    Latihan mengolah napas dan konsentrasi dalam pilates sedikit mirip meditasi tetapi bukan hanya membersihkan pikiran, dalam pilates kita fokus pada tubuh dan gerakan. Hubungan ini akan meningkatkan pemahaman kita akan fungsi-fungsi tubuh dan keseimbangan jiwa raga. Kesadaran akan tubuh ini juga membantu kita fokus pada otot-otot yang diperlukan tanpa menekan bagian tubuh yang lain. Hal ini juga akan meningkatkan koordinasi gerakan dan mencegah cedera.

    *Kontributor: Brett Money
    Physioterapist di Om Active Jakarta. Bachelor of Applied Science Physiotherapy, University Of Sydney, jugamerupakan pemegang Level 1,2, Sport Trainer Certificate Fitness Institute Of Australia.


    TAG : pilates, manfaat pilates, brett money, omactive jakarta, kinaryosih, latihan pilates, six-pack,